BPBD Pastikan OKUT Belum Miliki Titik Api

Ilustrasi titik api.

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Hingga pertengahan Juli 2016, Kabupaten OKU Timur dipastikan masih aman dari bencana kebakaran hutan dan lahan mengingat saat ini curah hujan masih terjadi di sejumlah wilayah di OKU Timur. Demikian diungkapkan kepala BPBD OKU Timur H Rusman dikonfirmasi Rabu (13/7/2016).

Menurut Rusman, berdasarkan hasil pemantauan dan laporan baik dari masyarakat maupun petugas yang disebar di seluruh wilayah di OKU Timur, potensi titik api belum terlihat dan dipastikan saat ini masih zero persen.

“Hujan masih turun. Meskipun tidak terlalu instens namun membuat kelembaban hutan dan lahan tetap terjaga. Selain itu masyarakat juga sudah disosialisasikan mengenai bahaya kebakaran lahan tersebut. Mudah-mudahan kesadaran masyarakat meningkat sehingga tahun ini OKU Timur bisa terbebas dari kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Masyarakat kata Rusman selalu diperingatkan akan bahaya kebakaran lahan yang bisa menyebabkan polusi asap sehingga menimbulkan berbagai kerugian baik moril maupun materil. Petugas lanjutnya, selalu siap dalam mengantisipasi terjadinya bencana baik kebakaran, banjir, puting beliung maupun bencana alam lainnya.

“Tim khusus siaga bencana sudah dibentuk sejak beberapa bulan lalu yang berlokasi disetiap kecamatan dan desa terutama daerah rawan bencana,” katanya.

Kabupaten OKU Timur tahun 2015 lalu merupakan salah satu daerah penyumbang asap karena sejumlah wilayah yang mengalami kebakaran seperti wilayah cempaka perkebunan PT LPI dan beberapa daerah lainnya yang memiliki titik api.

“Mudah-mudahan tahun ini tidak ada lagi kebakaran lahan dan titik api di OKU Timur sehingga tahun ini tidak ada asap yang menyebabkan polusi dan penyakit bagi masyarakat,” ungkap Edi warga Martapura ketika dimintai keterangan.