BPBD Segera Beri Bantuan Korban Kebakaran

Puing-puing sisa kebakaran di Pasar Gumawang belitang, Kabupaten OKU Timur. Kebakaran terjadi menjelang tengah malam sehingga menyebabkan sebagian besar dagangan warga terbakar dan tidak bisa diselamatkan.
loading...

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Timur akan memberikan bantuan kepada korban kebakaran Pasar Gumawang, Kecamatan Belitang yang mencapai lebih dari 40 ruko dan Kios pada Rabu (13/7/2016) sekitar pukul 22.30 lalu.

Kepala BPBD OJU Timur Rusman ketika dikonfirmasi Jumat (15/7/2016) mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah kerugian masing-masing pemilik ruko dan kios untuk kemudian diajukan kepada pemerintah daerah untuk keringanan beban korban kebakaran tersebut.

“Kita data terlebih dahulu baru kemudian ditentukan besaran jumlah bantuan yang akan diberikan kepada merek. saat ini kita masih menunggu laporan dan surat untuk penyerahan bantuan tersebut,” katanya.

Ketika ditanya mengenai penyebab kebakaran tersebut Rusman mengatakan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Namun kemungkinan sementara disebabkan oleh korsleting arus pendek yang memicu percikan api dan menyebabkan kebakaran tersebut terjadi.

“Namun belum bisa dipastikan karena harus ada penyelidikan lebih lanjut dari pihak kepolisian. Menurut sejumlah saksi api berasal dari ruko depan yang merupakan sebuah salon, namun hal itu masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,” katanya.

Dari pengamatan di pasar Gumawang sejumlah pemilik kios yang lokais berjualannya terbakar terlihat mulai melakukan aktifitas pembersihan. Bahkan ada beberapa pemilik kios yang sudah mulai berjualan meskipun hanya di pinggir jalan.

“Sudah boleh berjualan. Namun karena belum ada listrik jadi gelap-gelapan. Mudah-mudahan segera berakhir dan semuanya bisa dibangun kembali agar pasar ini kembali bisa difungsikan dengan baik,” ungkap Nadira salah satu pedagang ketika diwawancarai Jumat (15/7).

Kebakaran yang terjadi di Pasar Gumawang, Kecamatan Belitang menyebabkan kerugian yang cukup besar hingga mencapai miliyaran rupiah karena sebagian besar dagangan warga tidak ada yang bisa diselamatkan.