DKKP Angkut Sampah Hingga 50 Ton Perhari

istimewa/Ilustrasu sampah

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Volume sampah pasca Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah (H) masih tinggi kendati lebaran sudah berlalu hampir dua pekan. Peningkatan tersebut kemungkinan disebabkan oleh tingginya aktifitas warga selama bulan Ramadhan hingga Perayaan Idul Fitri.

“Terjadi peningkatan volume sampah hingga hari ini sebesar 15% jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Setiap hari sampah yang diangkut oleh petugas kebersihan ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) OKU Timur mencapai hingga 50 ton lebih,” ungkap Kepala DKPP Elfian Syawal dikofirmasi Jumat (15/7/2016).

Menurut Elfian, tingginya volume sampah yang ada membuat petugas kebersihan terkadang harus lembur untuk mengangkut sampah ke TPAS. Sebenarnya kata dia, Peningkatan jumlah volume sampah sudah terjadi sejak awal ramadhan hingga akhir ramadhan.

“Jika hari-hari biasa jumlah volume sampah mencapai hingga 35 ton perhari. Namun sejak bulan ramadhan hingga saat ini jumlahnya mengalami peningkatan hingga mencapai50 ton perhari,” jelasnya.

Adapun jenis sampah yang diangkut oleh petugas ke TPAS kata dia, didominasi oleh sampah rumah tangga seperti plastik, botol dan serta sisa-sisa makanan lainnya. Elfian mengaku menyiagakan seluruh personil yang ada untuk melakukan aktifitas pembersihan sampah.

“Kita menyiagakan petugas sebanyak 60 orang yang bertugas secara bergantian. Petugas meningkatkan jumlah jam kerja angkut mereka sejak volume sampah mengalami peningkatan. Jika sebelumnya hanya mengangkut satu kali, maka saat ini petugas melakukan pengangkutan sebanyak dua hingga tiga kali,” terangnya.