Dana Desa Tahap Kedua Cair Agustus

Ilustrasi pencairan Alokasi Dana Desa (ADD)
loading...

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Dana desa untuk tahap dedua tahun 2016 dipastikan cair di bulan Agustus mendatang. Kepastian tersebut setelah Pemerintah daerah kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Selasa (19/7/2016) menyampaikan laporan realisasi keuangan dana desa tahap pertama sebesar 60 persen atau Rp 109.934.281.200,00 kepada pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Kepala Dinas PMD OKU Timur, Idrus Musa S. Sos MM melalui kepala Bidang Usaha Ekonomi Desa (UED) Solihan mengatakan, hari ini (kemarin,red) pihaknya sudah menyampaikan laporan keuangan dana desa tahap pertama ke pemerintah pusat. Laporan tersebut terkait dua item masing masing rincian penyaluran dan rincian pengunaan dana desa.”Dengan demikian, hampir dipastikan dana desa tahap kedua di daerah kita akan cair minggu kedua Agustus,” ujarnya.

Menurut Solihan, laporan tersebut menjadi keharusan dilakukan sebagai syarat mutlak pihak Kementerian Keuangan untuk mencairkan 40 persen dana desa yang tersisa. “Jadi secara otomatis dana desa tahap kedua sudah memenuhi syarat untuk dicairkan,” katanya.

Ditanya terkait realisasi pembangunan fisik infrastruktur desa melalui dana desa, Solihan mengatakan, hingga saat ini rata rata sudah mencapai 60 persen lebih, bahkan ada beberapa desa yang sudah 100 persen. “Datanya terus terang belum masuk, namun kita yakin rata rata sudah 60 persen bahkan ada yang sudah 100 persen,” klaimnya

Karena itu, lanjut Dia, pihaknya sudah bisa menyampaikan laporan keuangan dana desa kepada kementrian keuangan, “Sebab syarat pelaporan harus 50 persen realisasi penggunakan dana desa tahap pertama,” jelasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan peraturan menteri keuangan No 49 tahun 2016 tentang tata cara pembagian pengalokasian pembinaan dan pertangungjawaban dana desa menyatakan bahwa pencairan dana desa tahap kedua sebesar 40 persen atau Rp 73.289.520.800,00 diawal bulan Agustus mendatang.