Pastikan Tak Ada Peredaran Vaksin Palsu

Foto: Istimewa/ Ilustrasi Vaksin Palsu

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur memastikan tidak ada peredaran vaksin palsu baik di rumah sakit maupun di sejumlah puskesmas dan klinik klinik yang ada. Hal itu dipastikan Kadinkes OKU Timur dr Sindang Iwari M.kes dikonfirmasi Rabu (20/7/2017).

Menurut Sindang, untuk memastikan tidak ada peredaran vaksin palsu di OKU Timur, pihaknya sudah memantau dan turun langsung ke lapangan serta melakukan pemeriksaan terhadap vaksin yang ada gunas memastikan bahwa vaksin palsu tersebut tidak beredar di OKU Timur.

“Ketika kasus tersebut mencuat kita langsung mengerahkan staf dan karyawan yang ada untuk melakukan pemantauan dan pengecekan disejumlah Rumah Sakit beserta Puskesmas yang dibagi dalam beberapa tim,” katanya.

Menurut Sindang, setelah mengetahui adanya pemberitaan tersebut pihaknya langsung mengambil langkah dengan melakukan pemeriksaan dan pengecekan langsung untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat dari vaksin palsu tersebut.

Menurut Sindang, setelah beredarnya vaksin palsu tersebut, pihaknya memerintahkan kepada seluruh jajaran yang ada hingga tingkat bawah untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum melakukan vaksin.

“Pengawasan terhadap penyuplaian obat-obatan sudah ditekankan sehingga hal yang ditakutkan mengenai vaksin palsu tersebut tidak masuk ke OKU Timur,” katanya.