Bupati-Dandim-Kadistan Raih Pin Emas

HM Kholid MD saat memberikan sambutan dalam rapat koordinasi pelaksanaan kegiatan upaya khusus (upsus) padi jagung dan kedelai OKU Timur.
loading...

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Bupati OKU Timur HM Kholid MD dan Dandim 03/04 OKU serta Kepala Dinas TPH berhasil meraih pin emas dari kementerian pertanian RI atas keberhasilannya meningkatkan luas lahan dan hasil pertanian padi setiap tahunnya. Demikian diungkapkan Kepala dinas TPH dalam acara rapat koordinasi pelaksanaan kegiatan upaya khusus (upsus) padi jagung dan kedelai OKU Timur Kamis (21/7/2016) yang dihadiri oleh tim upsus Provinsi Sumsel Erwin Nurwibowo, Kepala Divisi Regional Babel lerum bulog, Firdaus BSE, dan Dirjen Kementan RI Ir Tri Agustin Satriani MM.

Dalam sambutannya Kepala Dinas TPH mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan masyarakat dan kelompok tani yang telah bekerja keras dalam meningkatkan hasil pertanian setiap tahunnya. Selain itu, dia juga mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah baik tingkat Kabupaten hingga tingkat pusat sehingga hasil pertanian bisa ditingkatkan setiap tahunnya.

“Bukti hasil peningkatan hasil pertanian kita salah satunya dengan diraihnya penghargaan pin emas yang merupakan salah satu bukti keberhasilan pertanian OKU Timur,” katanya.

Sedangkan Kepala Dinas TPH Sumsel Erwin Nurwibowo dalam sambutannya mengatakan,  saat ini Sumsel masuk dalam peringkat lima besar penghasil pangan terbesar yang semuanya tidak lepas dari peran pemerintah dan masyarakat di setiap kabupaten/kota yang ada termasuk OKU Timur.

“Peningkatan lahan tahun 2015 mencapai hingga 80 ribu Hektare. Sedangkan tahun 2016 hingga oktober sumsel sudah sebesar 85 Ribu Ha lahan baru,” katanya.

Sedangkan Dirjen Kementan meminta kepada seluruh petani agar tidak merasa puas dengan hasil yang diperoleh saat ini. Jika selama ini petani melakukan penanaman satu kali berusahalah untuk menanam dua kali setiap tahun dan jangan merasa puas.

“Dengan Semangat Sumberdaya Manusia (SDM) yang ada dan dorongan dari pemerintah daerah apa yang kita tergetkan tentunya akan tercapai. Sumsel hingga oktober ditargetkan memiliki lahan pertanian baru seluas 93 Ribu Ha,” katanya.

Sedangkan Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengatakan tingkat kesejahteraan masyarakat OKU Timur tahun 2015 mengalami peningkatan yang cukup signifikan yang merupakan imbas dari keberhasilan masyarakat yang mayoritas merupakan petani.

“Berdasarkan hasil kegiatan sensus ekonomi Badan Pusat Statistik (BPS), OKU Timur saat ini berada di level 4. Peningkatannya sangat signifikan mengingat tahun 2014 lalu OKU timur berada di level 17 di Sumsel. Dalam mengukur keberhasilan sebuah daerah ada tiga hal yakni pendidikan, keberhasilan pendapatan masyarakat, dan keberhasilan tingkat pembangunan,” katanya.