Puluhan Anggota TNI Tanami 499 Hektare Lahan sawah Baru

Puluhan anggota TNI melakukan penanaman perdana pada lahan sawah baru seluas 499 Ha di Desa Meluai Indah.

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Puluhan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berada di wilayah Kodam II Sriwijaya, Khususnya kabupaten OKU Timur melaksanakan penanaman padi serentak di lahan cetak sawah baru yang berlokasi di Desa Meluai Indah Kecamatan Cempaka Rabu (21/9/2016). Tanam serentak tersebut dilaksanakan oleh seluruh anggota babinsa dan masyarakat sekitar.

 Tanam perdana serentak tersebut selain dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Kholtikultura, juga dihariri Pabung, Mayor Inf Sumarto, Ketua pelaksana cetak sawah Zidam II/SWJ Mayor Czi Totok dan seluruh jajaran Danramil.

 Kepala dinas TPH Ir Ruzuan Effendi dalam sambutannya mengatakan, tanam serentak tersebut dilaksanakan sebagai bentuk dukungan pemerintah pada program swasembada pangan. Dalam program tersebut kodam II mengerahkan sedikitnya 60 anggota babinsa dalam percepatan tanam serentak lahan sawah baru itu.

 “Harapan kita program yang dilaksanakan oleh TNI dan pemerintah ini bisa mendukung perluasan lahan dan meningkatkan produksi padi serta bisa menopang peningkatan perekonomian masyarakat,” kata Ruzuan.

 Ruzuan memastikan hasil pertanian di Kabupaten OKU Timur akan mengalami peningkatan mengingat lokasi tanam serentak tersebut merupakan lahan baru yang didominasi lahan sawah tadah hujan dan lebak seluas 499 Hektare (Ha) yang selama ini tidak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

 Namun ruzuan mengaku belum bisa memastikan hasil panen dari lahan baru tersebut karena lokasi tersebut baru pertamakali digarap dan ditanami padi. Namun dengan ditunjang bibit unggul, pemupukan teratur dan cara menggarap lahan yang benar diharapkan hasil panen cukup bagus.

 “Dari 499 Ha lahan lebak tersebut baru sekitar 80 Hektare lahan yang dilakukan penanaman. Setelah semua lokasi ini selesai ditanami, maka pihaknya bekerjasama dengan TNI akan kembali membuka lahan sawah baru.

Sumber: sripoku.com