Jaringan Listrik Padam Puluhan Kali

Salah satu isolator yang mengalami kebocoran di dua wilayah di OKU timur sehingga menyebabkan jaringan listrik padam.

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Masyarakat Kabupaten OKU Timur mengeluhkan adanya pemadaman jaringan listrik yang terjadi dalam beberapa hari  terakhir hingga puluhan kali hanya dalam kurun waktu beberapa jam saja. Padamnya jaringan listrik hingga berkali-kali tersebut sudah terjadi selama dua hari terakhir.

Tidak ada pemberitahuan resmi dari pihak PLN mengenai penyebab pemadaman jaringan listrik hingga berulang kali tersebut. Meski kesal, namun pelanggan hanya bisa pasrah mengingat kondisi tersebut sudah menjadi agenda tahunan PLN setiap kali memasuki musim penghujan.

“Setiap musim hujan selalu terjadi seperti ini. Entah sampai kapan pelayanan PLN kita di Indonesia ini akan membaik. Pihak PLN selalu beralasan kondisi alam. Namun hal itu selalu terjadi setiap tahunnya,” ungkap Hamzah (40) warga Martapura Senin (26/9/2016).

Menurut Hamzah, pemadaman jaringan listrik yang terjadi tidak mempengaruhi jumlah tagihan setiap bulannya yang artinya pemadaman tersebut bisa dicurigai sebagai modus pihak PLN untuk mendapatkan uang tambahan.

“Contohnya saya setiap bulan listrik tidak pernah padam membayar Rp. 250 Ribu. Namun ketika sering terjadi pemadaman semestinya tagihan akan menurun karena pemakaian tidak full. Namun ini justru sama saja jumlahnya,” kata dia.

Ketika dikomplain kepada pihak PLN kata dia, mereka akan beralasan bahwa kemungkinan disebabkan oleh tingginya pemakaian barang elektronik berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya.

“Padahal jika listrik tidak padam setiap bulan tidak berubah tagihannya. Secara logika semestinya tagihan akan menurun ketika sering padam. Namun justru mengalami kenaikan,” tegasnya.

Sementara, Kepala PLN Rayon Martapura Cabang Reza Eka Putra ketika dikonfirmasi mengatakan pemadaman jaringan listrik beberapa hari terakhir disebabkan oleh adanya kebocoran pada isolator tarik yang berlokasi di dua tempat yakni Desa Sidomulyo dan jalur arah Blambangan Umpu Lampung.

“Untuk sekarang isolator yang bocor ini masih dalam proses pengerjaan, kami harapkan juga kepada masyarakat pemilik kebun untuk ikhlas pohonnya dipotong. Kemudian kalau melihat ataupun mendengar penyebab gangguan listrik bisa segera lapor, telpon petugas agar cepat diberi penanganan,” katanya.