Dua Jemaah Haji OKUT Wafat di Tanah Suci

Sejumlah keluarga saat menyambut kedatangan jamaah haji di lapangan TTM Martapura.

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Sebanyak dua Jamaah Haji dari Kabupaten OKU Timur yang berangkat ke tanah suci bersama 377 jamaah lainnya tidak bisa ikut kembali ke OKU Timur. Keduanya meninggal dunia di tanah suci saat menunaikan rukun Islam ke-5 tersebut disebabkan sakit dan cuaca ekstrem yang ada di tanah suci yang sangat berpengaruh pada kesehatan jamaah.

Kedua jamaah haji tersebut masing-masing Wasinah (62) asal Desa Gumawang, Kecamatan Belitang dan Katijo (76) berasal dari Desa Sumedangdari, Kecamatan Buay Madang Timur.

Kepala Kankemenag OKU Timur M Ali melalui Kasi Haji Turmuji ketika dikonfirmasi membenarkan dua jamaah asal OKU Timur meninggal dunia. Selain sakit kata dia, wafatnya kedua jamaah haji tersebut disebabkan oleh faktor usia dan penyakit yang sudah diderita kedua jemaah.

Selama pelaksanaan haji kata dia, cuaca di tanah suci cukup ekstrem sehingga sangat mempengaruhi kesehatan jamaah. Selain itu jamaah haji tahun 2016 mayoritas merupakan berusia lanjut yang memang diprioritaskan lebih dahulu untuk beribadah haji.

“Harapan kita kedepan jemaah haji yang sudah lansia dapat didampingi keluarganya yang masih muda, sehingga bisa umendampinggi saat melakukan ibadah di Mekkah,” lanjutnya.

Menurutnya, tahun depan penyelengara haji asal OKU Timur akan memberangkatkan jemah haji sesuai dengan porsi atau nomor urut yang sesuai dengan jadwal yang ditentukan, bukan karena usianya yang sudah tua.

“Karena tahun ini kita mempriortaskan jemaah haji yang sudah lansia, namun hal tersebut malah meyulitkan panitia karena terlalu banyak jemaah haji yang fisiknya tidak kuat karena faktor usia,” jelasnya.