Kapolda Minta Hibahkan Lahan Bangun Polsek

Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Djoko Prastowo

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Kabupaten OKU Timur yang saat ini memiliki 20 Kecamatan hanya memiliki 11 kantor polisi (Polsek) yang tentu saja menyulitkan masyarakat dalam memberikan laporan. Pihak kepolisian mengaku mengalami kesulitan dalam membangun kantor polisi tersebut mengingat saat ini sedang dilakukan defisit anggaran hingga tingkat pusat. Demikian diungkapkan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Drs Djoko Prastowo.

Namun Kapolda memastikan jika masyarakat bersedia memberikan atau menghibahkan lahan mereka untuk membangun kantor polisi, maka pihaknya akan melakukan penambahan pesonil untuk pengamanan wilayah.

“Saat ini sedang ada efisiensi anggaran. Kemungkinan untuk pembelian lahan guna kantor polsek sangat kecil. Kami berharap agar pemerintah bersedia menyiapkannya. Sedangkan untuk personil akan ditambah secara bertahap,” katanya.

Saat ini kata dia, satu polsek membawahi dua kecamatan bahkan lebih yang tentu saja terkadang mengalami kesulitan untuk menjangkau beberapa wilayah karena harus menyeberangi sungai. Jika setiap kecamatan memiliki kantor polisi, maka akan memudahkan masyarakat dalam memberikan laporan dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian setiap kali ada hal baru yang menbahayakan. Terlebih tingkat ekonomi masyarakat cukup baik sehingga membutuhkan pelayanan yang maksimal dari kepolisian terutama dalam keamanan.

“Saya berharap kepada bapak bupati untuk dapat mempersiapkan lahan yang akan digunakan untuk membangun kantor polisi,” katanya.

Kapolres OKU Timur Timur AKBP Audie S Latuheru mengatakan jumlah  personil Polres OKU Timur saat ini sebanyan 555 personil dengan rincian, 46 perwira 501 brigadir, PNS  8. Polres kata dia, mengalami kekurangan personil sebanyak 430.

“Jika dilihat dari kebutuhan. Polres OKU Timur membutuhkan 205 perwira, 737 Brigadir, dan 48 PNS dengan kebutuhan keselurhan mencapai 990 personil. Perwira masih kurang 159 personil, Brigadir 236 personil PNS 40,” katanya.

Baca Juga: 12 Pejabat Struktural dan Fungisional Dilantik, Ini Daftarnya…