Polisi Peringatkan Warga Melalui Aplikasi Ponsel Pintar

Screenshot himbauan polisi terhadap masyarakat untuk berhati-hati terhadap modus pelaku kejahatan
loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Untuk menekan dan meminimalisir tindak kejahatan yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, Polres OKU Timur terus memberikan peringatan dan himbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati dan tidak mudah percaya kepada Orang Tidak Dikenal (OTD).

Jika selama ini peringatan dan himbauan disampaikan melalui sejumlah acara resmi kedinasan maupun melalui pemerintah dan tokoh masyarakat, namun berbeda dengan himbauan yang disampaikan Polres OKU Timur.

Melalui aplikasi ponsel Pintar yang diberi nama Polisi Dalam Genggaman (PDG) yang bisa diunduh melalui ponsel androin dan IOS Polisi terus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap sejumlah kemungkinan dan modus yang dilakukan pelaku kejahatan dalam menjalankan aksinya.

Aplikasi yang dirilis dan dibuat oleh Kapolres OKU Timur AKBP Audie S Latuheru tersebut langsung menjangkau masyarakat yang menggunakan ponsel terutama yang sudah mendownload aplikasi polisi dalam genggaman melalui Play Store.

“Setiap waktu kami akan mengirimkan himbauan mengenai modus baru yang digunakan pelaku kejahatan sebelum melancarkan aksinya. Ini dilakukan agar masyarakat lebih waspada dan meminimalisir tindak kejahatan,” kata Audie.

Dengan adanya aplikasi tersebut kata Audie, masyarakat bisa lebih mudah melaporkan kejadian tindak kejahatan yang terjadi karena ketika masyarakat melaporkan kejadian akan langsung sampai ke tangan Kapolres dan anggota polisi akan langsung melakukan penyisiran lokasi dimana terjadi tindak kejahatan.

“Jadi dengan adanya aplikasi tersebut anggota tidak bisa bermalas-malasan. Karena laporannya langsung sampai ke tangan saya,” kata Kapolres.

Salah satu himbauan yang dikirimkan oleh Audie kepada masyarakat melalui aplikasi Polisi Dalam Genggaman adalah himbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati dengan orang yang tidak dikenal yang mencari kontrakan, berbelanja atau meminjam kendaraan.

Baca Juga: Ini Keunggulan Aplikasi ‘Polisi Dalam Genggaman’ yang Diciptakan AKBP Audie S Latuheru

“Banyak modus yang digunakan pelaku kejahatan dalam melancarkan aksinya. Untuk itu kita tidak akan berhenti memberikan himbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap modus pelaku kejahatan,” katanya.

Sumber: Sriwijaya post