Investasi Meningkat, 1.177 Pengusaha Ajukan Izin Usaha

ilustrasi Izin Usaha

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Sebanyak 1.177 pelaku usaha baik perseorangan maupun badan usaha mengajukan perizinan ke Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) dalam kurun waktu Januari-September 2016. Hal itu menunjukkan bahwa kondisi perekonomian yang saat ini sedang kurang bergairah akibat menurunnya harga komoditas karet dan perkebunan lain tidak mempengaruhi minat pengusaha untuk berinfestasi di OKU Timur.

Kepala Kantor Pelayanan Terpadu OKU Timur Sonfiani SE mengatakan, proses pengajuan perizinan yang tercatat mulai dari usaha perseorangan maupun badan usaha sebanyak 1.177. Sedangkan jumlah izin terbanyak yang dikeluarkan adalah bidang Usaha Kecil Menengah (UKM) yang mencapai 533 izin, disusul pabrik penggilingan padi 176 izin. Sisanya adalah perizinan tower telekomunikasi, minimarket, pengecer pupuk, apotik, klinik dan rumah sakit.

“Tingginya proses perizinan yang diajukan pengusaha tersebut membuktikan bahwa peluang investasi di OKU Timur cukup menjanjikan. Kondisi ini juga membuktikan bahwa kesadaran masyarakat dalam mengurus perizinan usaha cukup tinggi,” katanya.

Pemerintah kata dia, sangat mengapresiasi kesadaran masyarakat atau pelaku usaha dalam melengkapi dokumen usahanya. Namun meski demikian, pihaknya tetap gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya memiliki dokumen usaha. Selain itu pihaknya juga memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pengurusan perizinan.

“Kemudahan kita diberikan seperti waktu atau proses penerbitan izin yang tidak lebih dari empat hari selama syarat yang ditentukan terpenuhi. KPT OKU juga telah membuka posko perwakilan di wilayang Belitang sehingga masyarakat tidak perlu repot ke Martapura untuk mengurus proses perizinan,”katanya.

Menurutnya, perizinan yang dilayani di KPT OKU Timur diantaranya Izin Gangguan (HO), Izin Mendirikan Bangun (IMB), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Tanda Daftar Industri, Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi, Izin apotik, toko obat dan ioptik serta masih banyak lagi.