Warga Binaan Rutan Kesulitan Tingkatkan Keterampilan

Cabang Foto: Istimewa/ KA Rutan Martapura saat melihat hasil lukisan warga Binaan.
loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Martapura Kabupaten OKU Timur sejak beberapa tahun terakhir mengalami over kapasitas hingga 80 persen. Jumlah warga Binaan yang ada saat ini sebanyak 315 orang. Sedangkan kapasitas rutan hanya sebanyak 170 warga binaan saja. Hal itu tentu saja sangat menganggu warga binaan yang akan meningkatkan keterampilan.

KA Rutan Cabang Martapura Suparman A.Md IP SH MH Rabu (12/10/2016) mengatakan akibat dari over kapasitas tersebut pihaknya mengalami kesulitan dalam berbagai hal mulai dari pengamanan, hingga aktifitas warga binaan dalam meningkatkan keterampilan yang akan menjadi bekal mereka nanti setelah selesai menjalani masa hukuman.

 “Memang Pemerintah Daerah sudah menghibahkan lahan seluas 3 Hektare (Ha) untuk pembangunan rutan yang saat ini dalam proses legal formal yang kemudian akan diajukan ke kantor wilayah untuk pembangunan dengan menggunakan dana APBN,” katanya.

Akibat minimnya ruangan dan jumlah warga binaan yang sudah over kapasitas tersebut, mereka yang memiliki keterampilan dan yang sedang belajar terpaksa bekerja di dalam blok dan kantor sehingga tentu saja sangat menganggu aktifitas dan warga binaan yang lain.

“Selain itu saat jam olahraga juga terpaksa kita pisahkan antara warga binaan masing-masing kasus dengan yang lainnya karena lokasinya yang sudah tidak muat di halaman blok,” katanya.

Suparman Berharap, rutan Cabang Martapura bisa dipindahkan ke lokasi yang lebih luas sehingga kedepan warga binaan bisa menyalurkan keterampilan mereka tanpa adanya halangan dan dengan tenang karena tidak bercampur dengan warga binaan yang lain.

Sumber: sriwijaya Post