Warga Bisa Tangkap Tangan Pengedar Narkoba

Foto: Istimewa/ Teks Foto: Perwakilan beberapa lurah berfoto bareng Kepala BNNP Sumsel Brigjen Pol Drs Iswandi Hari pada Diseminasi Informasi P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkoba) yang berlangsung di Hotel Duta Palembang, Kamis (13/10/2016).

KABAROKUTIMUR.COM, SUMSEL – Kepala BNNP Sumsel, Brigjen Pol Drs. Iswandi Hari, menegaskan agar warga tidak perlu ragu untuk menangkap tangan Pengedar narkoba.

“Tugas mencegah, merehab dan memberantas itu bukan hanya tugas BNN saja. Oleh karena itu, kita mengajak warga supaya tidak kena, kalau kena itu musibah, karena mahal. Kalau tetangga ada yang kena supaya lapor ke BNN untuk direhab. Jangan sampai keburu ditangkap,” katanya.

Menurutnya, dalam Pasal 111 KUHAP, warga punya kewenangan, punya hak melakukan penangkapan tersangka dalam hal tertangkap tangan. Jangan pas nangkap, mentang dia bilang bapak siapa? Karena disebut bukan polisi yang nangkap, lantas langsung dilepas lagi, jika memang ada Barang Bukti jangan dilepaskan,” tegas Iswandi Hari saat memberi materi di hadapan 40 lurah se-Kota Palembang mengikuti Diseminasi Informasi P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkoba) di Hotel Duta Palembang, Kamis (13/10/2016).

Menurutnya, lewat para Lurah, informasi bisa lebih mendekati agar lebih fokus dan lebih dekat. Minimal kalau tidak bisa menangkap, agar bisa dicegah. Para peserta, yakni seluruh pegawai, lurah dan camat, sudah dites dan diambil urinenya di kantor Walikota.

“Kami siap membantu pemerintah mencegah dan memberantas. Bersama ibu PKK, melaksanakan sosialisasi. Kita harapkan bebas narkoba paling tidak di wilayah kita,” kata Lurah Gandus, Ardan.

Darwani HS, Lurah Talangsemut menuturkan, memang harusnya terhadap pemimpin seperti lurah betul-betul dites.

“Kami setelah dapat sosialisasi akan sampaikan ke tokoh masyarakat, RT masing-masing serta tokoh agama untuk ditindaklanjuti agar berkesinambungan. Kita seorang pemimpin harus menunjukkan jati diri kita bersih. Itu sudah motto. Kita yang mengajak, masak kita melakukan,” kata Darwani.

Sumber: sripoku.com