Disdukcapil OKUT Bentuk Tim Awasi Pungli

Ilustrasi pungli

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Dinas kependudukan dan catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten OKU Timur membentuk tim khusus dalam mengawasi kinerja pegawai yang ada di instansi tersebut agar tidak melakukan praktek Pungutan Liar (Pungli) diluar ketentuan kepada masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan.

Kepala Disdukcapi H Sutikman Senin (17/10/2016) mengatakan salah satu upaya yang dilakukan dalam memberantas pungli adalah dengan membentuk tim khusus yang akan melakukan pengawasan secara sembunyi-sembunyi agar tidak diketahui oleh pegawai yang bertugas dalam melayani pembuatan dokumen kependudukan.

“Tim khusus sudah dibentuk untuk mengawasi kinerja pegawai agar tidak menerima atau meminta jasa tambahan dalam pengurusan dokumen kependudukan selain jumlah yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Tim tersebut sudah dibentuk dan akan mulai melaksanakan tugasnya dalam beberapa hari kedepan,” tegasnya.

Sutikman menekankan kepada seluruh pegawai untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan jangan coba-coba untuk meminta imbalan atau uang tambahan selain ketentuan yang sudah ditetapkan.

“Jika ada yang masih melakukan praktek pungli makan sanksi tegas akan diberikan. Tentunya kita tidak main-main dalam menjalankannya mengingat ini merupakan perintah langsung dari presiden RI,” katanya.