OKU Timur Segera Miliki Masjid Raya

Bupati OKU Timur saat menyaksikan penandatangan Akte Notaris pembentukan Yayasan Annur.
loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Kabupaten OKU Timur dalam waktu dekat akan segera melakukan pembangunan masjid raya yang berlokasi di Ruas Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera tepatnya desa Kotabaru Selatan menyusul ditandatanginya akte notaris pembentukan Yayasan Annur yang akan melakukan pembangunan dan pengelololaan masjid raya tersebut.

Penandatanganan akte notaris pembentukan Yayasan Annur dilaksanakan dihadapan Bupati OKU Timur HM Kholid MD, Sekretaris Daerah (Sekda) serta sejumlah kepala SKPD Rabu (19/10/2016).

Sebelum melakukan penandatanganan, Bupati OKU Timur meminta kepada pihak yayasan agar memaksimalkan fungsi masjid raya nantinya setelah selesai dibangun baik berupa tempat ibadah, keagamaan, pendidikan dan kebutuhan sosial masyarakat lainnya.

“Pembangunan masjid raya yang akan diberi nama Masjid Annur tersebut akan dibangun secara swadaya tanpa melibatkan pemerintah atau dana APBD OKU Timur. Pemerintah hanya akan menghibahkan lokasi pembangunan sesuai dengan proposal yang akan diajukan oleh pihak yayasan,” kata Kholid.

Yayasan Annur tersebut kata dia, akan bergerak dibidang keagamaan, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial kemasyarakatan. Salah satu bidang tersebut adalah bidang keagamaan yang akan mengelola masjid tersebut. Jadi yayasan mengajukan permintaan kepada pemerintah untuk mendapatkan hibah tanah.

“Pemerintah akan membuat pansus untuk proses hibah tanah tersebut. Setelah dihibahkan yayasan dipersilakan bagaimana cara membangun masjid tersebut. Pemerintah tidak bisa memberikan bantuan kepada yayasan sebelum berusia tiga tahun,” katanya.

Menurut Kholid, dalam pembangunan masjid raya OKU Timur tersebut pihaknya kemungkinan akan mendapat bantuan dana dari H Agus Busyro yang memiliki yayasan Darul Arqam Pondation Indonesia yang salah satu pembinanya adalah Kapolri. Bahkan bisa saja nanti kata dia, pembangunan masjid tersebut akan dibangun sendiri oleh yayasan tersebut.

“Saya sudah berbicara dengan ketua yayasan. Mereka nanti yang akan menjadi konsultan dalam pembangunan masjid raya tersebut. Kalaupun nanti yayasan darul arqam tersebut gagal, maka kita akan mengajak masyarakat untuk membangun masjid raya tersebut,” jelasnya.

Menurut Kholid, pembangunan masjid raya tersebut akan dibangun tahun 2017. Saat ini kata di, yayasan sedang menyelesaikan sejumlah administrasi dalam pembangunan masjid raya tersebut.