Disdukcapil OKUT Butuh 16 Ribu Blanko e-KTP

ilustrasi kehabisan blanko e-KTP
loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Kebutuhan blangko untuk mencetak elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di Kabupaten OKU Timur hingga Jumat (21/10/2016) mencapai 16 ribu blanko. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) OKU Timur Sutikman Jumat (21/10/2016). Menurut Sutikman, jumah kekurangan tersebut akan terus bertambah seiring dengan antusiasnya masyarakat dalam mengajukan permohonan e-KTP.

Menurutnya, kekosongan blanko e-KTP tersebut terjadi dalam skala nasional yang sudah terjadi sejak September lalu. Kabupaten/Kota kata dia, hanya bisa menunggu saja kapan blanko tersebut akan tersedia.

“Untuk percetakan blanko anggarannya berasal dari  APBN.  Sedangkan untuk  penambahan blanko dianggarkan melalui APBNP. Mudah-mudahan kekurangan itu bisa terpenuhi. Kekosongan ini bukan hanya terjadi di OKU Timur saja melainkan juga terjadi di seluruh wilayah,” katanya.

Dikatakan Sutikman, setiap hari masyarakat yang mengajukan pencetakan e-KTP mencapai hingga 30 orang lebih. Karena blanko belum tersedia, solusi yang dilakukan adalah dengan menggunakan KTP sementara yang fungsinya sama dengan e-KTP.

“Setelah blanko tersedia, petugas tinggal mencetak saja. Saat ini masyarakat yang akan melakukan percetakan e-KTP maupun mengurus dokumen kependudukan lainnya diharapkan agar langsung ke kantor disdukcapil dan tidak menggunakan perantara. Tidak ada biaya dalam pembuatan e-KTP tersebut,” katanya.