OKU Timur Siaga Bencan Banjir dan Longsor

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Tingginya curah hujan yang turun diwilayah OKU Selatan yang merupakan hulu Sungai Komering dan OKU Timur dalam beberapa minggu terakhir membuat masyarakat OKU Timur siaga dalam mengantisipasi datangnya bencana alam baik banjir maupun longsor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Timur Rabu (2/11/2016) menggelar rapat koordinasi penanganan bencana banjir dan tanah longsor guna mencegah korban jiwa yang dilaksanakan di aula Bina Praja dan dihadiri Asisten 1, anggota TNI dan Polri serta Camat dan perwakilan Kepala SKPD.

Kepala BPBD OKU Timur H Rusman SE MM dalam paparannya menyampaikan bahwa diwilayah OKU Timur terdapat tujuh kecamatan rawan banjir dan longsor terutama yang berada diwilayah pesisir komering.

“Kita tidak pernah mengetahui kapan bencana itu akan datang. Jadi harus selalu siaga. BPBD sudah mensiagakan Tim TRC yang siaga selama 24 jam baik memantau maupun melaporkan perkembangan kenaikan titik air Sungai Komering secara berkala yang dijadikan sebagai salah satu patokan dalam menentukan status banjir,” katanya.

Menurut Rusman, salah satu upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi banjir adalah dengan mendirikan posko induk dan posko lapangan penanganan banjir, koordinasi dengan pihat terkait, pemantauan daerah banjir melalui patroli tim TRC.

Sedangkan Kapolres OKU Timur melalui Wakapolres Kompol Yulianto memastikan bahwa anggota Polri siap memberikan bantuan kepada BPBD dalam hal peralatan seperti tenda, perahu karet, kendaraan roda dua dan empat.

“Kita juga akan menginstruksikan kepada seluruh kapolsek untuk selalu memantau dimana terdapat titik rawan bencana sehingga jika terindikasi akan ada bencana segera ditindaklanjuti,” terangnya.