Lima Sungai Dinormalisasi

Alat berat yang melakukan normalisasi sungai yang sudah melangalami pendangkalan dan kerap merendam sawah dan pemukiman penduduk.

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Sebanyak lima titik sungai yang ada di Kabupaten OKU Timur masing-masing Sungai  Macak, Sungai Nabung,  Sungai Burnai, Sungai Kubung, dan   Aliran  Sungai  Sukomulyo dinormalisasi oleh Dinas PU Pengairan dalam satu bulan terakhir.

Normalisasi sungai tersebut dilakukan karena sudah mengalami pendangkalan dan kerap meluap baik ke pemukiman warga maupun ke persawahan dan perkebunan.

“Saat musim hujan pemukiman dan lahan pertanian warga yang ada di sekitar aliran sungai tersebut selalu meluap dan kerap mengalami banjir. Pekerjaannya saat ini   sedang dikebut agar cepat  selesai, mengingat intensitas curah hujan yang cukup tinggi,” ungkap Kepala Dinas PU Pengairan Kabupaten OKU Timur Ir Nasrudin Kamis (3/11/2016).

Menurut Nasrudin, normalisasi lima titik sungai tersebut merupakan permintaan skala prioritas dari masyarakat, karena sering mengakibatkan banjir. Pengerjaannya saat ini kata dia, sudah mencapai 60 persen selesai.

“Akhir bulan Oktober nanti normalisasi aliran sungai tersebut sudah selesai 100 persen dan masyarakat bisa merasakan manfaatnya terutama saat musim hujan yang biasanya mengalami banjir,” katanya

Sumber: sriwijaya post