Cegah DBD, Dinkes Asapi Ribuan Rumah Warga

Petugas dinas kesehatan saat melakukan fogging untuk mencegah jentik nyamuk demam berdarah.
loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Untuk mencegah penyakit demam berdarah (DBD) di Kabupaten OKU Timur Dinas Kesehatan melakukan fogging pada ribuan rumah yang ada terutama yang rentan terhadap penyakit demam berdarah.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan Penyakit Menular, Umaidah Kosim mengatakan, penyemprotan fogging hinga saat ini sudah dilakukan di 10 titik lokasi yang terletak di wilayah Puskesmas Martapura, Cidawang, Purwodadi.

“Selain melakukan penyemprotan, kita juga memberikan obat abate pada setiap wilayah puskesmas untuk masyarakat guna mencegah penyakit demam berdarah. Fogging ini dilakukan tidak setiap waktu, hanya ketika ada kasus DBD saja,” ujar Umi.

Menurut Umi, selama bulan Oktober 2016, kasus demam berdarah (DBD) sebanyak 20 orang yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut, pihaknya melakukan Fogging di sejumlah wilayah rentan penyakit tersebut.

“Namun kasus terbanyak berlokasi di wilayah Desa Purwodadi, Kecamatan Buay MadangTimur sebanyak enam kasus. Kita sudah menginstruksikan kepada seluruh petugas dilapangan untuk memantau dan melaporkan jika ada warga yang diduga mengalami demam berdarah, ” katanya.

Selain itu kata Umi, pihaknya juga berharap kepada masyarakat untuk melaporkan jika ada wilayah yang rentan demam berdarah agar segera dilakukan fogging untuk mengatasi penyebarannya.

“Kita mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih sehingga terhindar dari penyakit DBD. Selain itu kita juga menghimbau agar menerapkan pola hidup 3M,” katanya.

Sumber: sriwijaya Post