Alex Noerdin Setujui UMP Sumsel Diatas Rp. 2,3 Juta

Ir H alex Noerdin SH

KABAROKUTIMUR.COM, SUMSEL – Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumatera Selatan untuk tahun 2017 mendatang sudah disetujui oleh Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH sebesar Rp. 2.388.000. atau naik sebesar delapan persen dari UMP tahun 2016 yang hanya sebesar Rp. 2,206.000.

Surat Keputusan (SK) penetapan UMP tersebut sudah ditandatangani oleh Gubernur Sumsel. Penyesuaian UMP Provinsi Sumsel 2017 tersebut kata Alex, untuk selain untuk meningkatkan kinerja pekerja juga diharapkan dapat meningkatkan etos kerja dari pegawai itu sendiri.

“Bagi perusahaan yang melanggar dan tidak menaikkan UMP sesuai ketetapan yang diputuskan oleh pemprov Sumsel, maka akan mendapatkan sanksi tegas sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” tegas Alex Noerdin.

Namun Alex tidak menjelaskan lebih rinci sanksi tegas tersebut karena menurutnya semua sudah diatur dalam undang-undang yang tentunya sudah diketahui dan dipahami oleh masing-masing perusahaan yang beroperasi di wilayah Sumatera Selatan.

“Sudah tercantum disana, perusahaan pasti ngerti,” tegasnya.

Dikatakan Alex, kenaikan UMP tahun 2017 terbilang cukup kecil karena seharusnya mencapai hingga 10 persen. Namun hal itu disebabkan karena kondisi perekonomian saat ini sedang kurang bergairah.

“Pemprov Sumsel berharap masyarakat dapat mengerti dan memahami kondisi perekonomian saat ini. Saya juga tugaskan kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk mensosialisasikan kenaikan UMP sebesar delapan persen tersebut,”  katanya.