Ini 7 Cara Agar Bahagia Setiap Hari

Ilustrasi Bahagia

KABAROKUTIMUR.COM – Bagi sebagian orang, hari Senin merupakan hari yang paling menyebalkan. Rasa tak puas libur di akhir pekan, dan harus kembali menghadapi rutinitas kerja membuat mood anda buruk di hari Senin.

oleh: Tri Angga

Berikut ini 11 cara untuk menghindari bad mood di hari Senin;

Identifikasi masalah

Persiapkan kebutuhan hari Senin di hari Jumat

Buat daftar hal-hal yang menyenangkan

Matikan perangkat kerja di akhir pekan

Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi

Berpakaian yang rapi

Berpikir positif

Bahagiakan seseorang

Rencanakan hari Senin dengan agenda ringan

Bergembiralah saat kerja

Rencanakan kegiatan setelah jam kantor

Jika daftar di atas masih belum bisa anda pahami, maka berikut ini adalah daftar yang lebih sederhana dan disusun untuk menyeimbangkan antara kerja dan aktivitas kehidupan anda. Daftar ini akan berisi satu tugas sederhana yang harus anda lakukan masing-masing selama 7 hari. Anda juga bisa membuat daftar sesuai kreasi sehingga anda tidak kesulitan untuk melakukannya.

#1 Minggu pagi – Buat rencana dalam sepekan

Luangkan waktu 5 menit untuk mengingatkan diri anda terhadap rencana penting yang akan anda lakukan dalam 6 hari ke depan. Tak usah rencana besar. Yang penting harus dilakukan. Ingatlah bahwa ribuan langkah besar dimulai dari satu langkah kecil. Dengan demikian anda jadi lebih siap di hari Senin.

#2 Senin Pagi – Bahagiakan Seseorang

Pikirkan beberapa nama orang yang anda kenal dan tentukan siapa yang ingin anda senangkan, pilihlah orang yang bisa mengapresiasi perbuatan anda. Bisa dengan melakukan hal-hal sederhana. Menolong orang yang sedang pecah ban. Atau mengucapkan terima kasih kepada junior anda di kantor. Anda perlu ingat, jika sikap baik anda dihargai orang, anda akan jauh lebih bahagia.

#3 Selasa Pagi – Rencanakan kegiatan sore kejutan bersama orang yang anda sayang.

Kejutan selalu sulit untuk ditolak, sebab hidup sesekali perlu diisi variasi. Rencana yang diisi  dengan kegiatan seru tak terduga akan memberikan pengaruh positif ke dalam diri anda dan siapapun yang anda libatkan dalam rencana ini.

#4 Rabu Pagi – Konsumsi makanan sehat

Anda yang sering makan ‘enak’, luangkan waktu di hari ini untuk mengkonsumsi makan siang yang bernutrisi dan menyehatkan, misalnya membeli beberapa jenis buah dan memakannya sebagai pengganti makan siang atau memakan sayur-sayuran yang biasanya anda hindari.

#5 Kamis Pagi – Rencanakan akhir pekan

Rencanakan aktivitas rekreasi untuk akhir pekan anda. Lakukan semua persiapan untuk memastikan rencana itu terlaksana. Satu-satunya orang yang harus anda buat bahagia, adalah diri anda sendiri (atau pasangan anda), maka gunakan setiap kesempatan akhir pekan dengan baik.

#6 Jumat Pagi – hari indah untuk melakukan sesuatu yang beda dari biasanya

Orang-orang biasanya cenderung lebih santai di hari Jumat. Untuk itu, jadikan hari ini kesempatan untuk melakukan sesuatu yang berbeda tiap pekannya. Misalnya berpiknik di kebun atau berjalan-jalan keliling kompleks atau meluangkan waktu memperbaiki perabot yang rusak.

 #7 Sabtu Pagi – Pastikan anda mengeluarkan keringat di hari ini

Olahraga memang sebaiknya dilakukan setiap hari. Khusus hari ini, luangkan waktu beberapa menit untuk tubuh. Sebab anda perlu ingat, hari Sabtu adalah hari di mana orang-orang cenderung kehilangan kontrol untuk makan. Bangunlah lebih pagi, jangan biarkan weekend anda berlalu. Nikmati hari dan lakukan rencana akhir pekan yang sudah anda rencanakan pada Kamis sebelumnya.

Daftar ini, meskipun pendek, namun jika berhasil anda laksanakan dengan rutin niscaya akan memacu anda untuk menjadi lebih baik. Sehingga di minggu-minggu berikutnya anda tidak lagi mengidap kebosanan. Selamat mencoba.

Disadur dari lifehack.org

These Little Things You Do Can Beat The Monday Blues But You Don’t Realize It

by Barry Welford