Gudang Pusri Klaim Stok Pupuk Mencukupi

Syahrin SE

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Kebutuhan pupuk untuk petani di Kabupaten OKU Timur, OKU dan OKU Selatan pada musim tanam akhir tahun 2016 aman dan tidak mengalami kekurangan meskipun permintaan petani cukup tinggi. Demikian diungkapkan Kepala Gudang Pupuk Pusri OKU Raya Syahrin SE ketika dikonfirmasi Selasa (8/11/2016).

Menurut Syahrin, stok pupuk yang saat ini tersedia di gudang berjumlah 1.768.400 ton yang siap untuk memenuhi kebutuhan pupuk untuk tiga kabupaten yakni OKU Timur, OKU, dan OKU Selatan hingga pasa panen awal tahun 2017 mendatang.

“Stok yang ada di gudang cukup. Semuanya akan terpenuhi. Jadi petani tidak perlu khawatir akan kekurangan stok pupuk. Kapan bisa dilakukan pengiriman kepada petani untuk kebutuhan pemupukan,” kata Syahrin.

Menurut Syahrin, pengiriman pupuk untuk petani biasanya sesuai dengan permintaan sehingga petani tidak perlu khawatir akan kehabisan ataupun tidak mendapatkan jatah pupuk, karena seluruh kebutuhan sudah diakomodir dan siap untuk dikirimkan kepada petani.

“Pengiriman sudah mulai berjalan sejak bulan September lalu. Namun puncak kebutuhan petani biasanya akan terjadi pada akhir tahun hingga awal tahun menjelang musim panen raya. Yang jelas kita sudah mempersiapkan semua kebutuhan dan petani tidak perlu khawatir akan ketersediaan pupuk di gudang,” jelas Syahrin.

Sementara Suyanto (45) petani asal Kecamatan Bungamayang mengaku petani saat ini belum membutuhkan pupuk terlalu banyak karena masih dalam masa penggarapan lahan. Kemungkinan besar kata dia, petani akan memburuhkan pupuk saat padi sudah mulai berusia 20-100 hari kedepan.

“Harapan petani ketersediaan pupuk tetap ada sehingga petani tidak kesulitan untuk mendapatkan karena biasanya saat petani membutuhkan pupuk, ketersediaan akan menipis bahkan terkadang petani kesulitan untuk mendapatkan pupuk,” katanya.