Motor Hilang, Juru Parkir Harus Bertanggungjawab

Junaidi

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Juru Parkir (Jukir) yang ada di Kabupaten OKU Timur ditekankan untuk memberikan karcis kepada pengendara yang memarkirkan kendaraannya. Demikian ditegaskan Kepala Dinas Perhubungan Drs Junaidi.

Pemberian karcis tersebut kata Junaidi sesuai dengan Perda nomor  12 tahun 2011 tentang retribusi parkir ditepi jalan umum dan Peraturan Daerah OKU Timur nomor 8 tahun 2010 tentang retribusi tempat khusus parkir.

“Para juru parkir itu wajib melakukan retbusi parkir kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil dilokasi tempat usaha dengan nominal karcis roda dua Rp. 1.000 dan untuk roda empat Rp. 2 Ribu per-kendaraan satu kali parkir,” katanya.

Para petugas juru parkir kata dia, bertanggungjawab melakukan pengaturan kendaraan parkir sesuai dengan tempatnya, bertanggungjawab menertipkan parkir kendaraan sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas, serta membantu kelancaran lalu lintas di lokasi parkir.

“Namun yang lebih penting adalah Juru parkir memiliki kewajiban untuk bertanggungjawab jika terjadi kerusakan ataupun kehilangan kendaraan di lokasi parkir.  Juru parkir juga harus mengenakan rompi tanda petugas parkir dan memberikan karcis parkir kepada pemilik kendaraan yang parkir,” tegasnya.

Menurut Junaidi, hingga saat ini ada enam titik lokasi parkir binaan Dishub masing-masing depan pasar inpres, Taman Tani Martapura, Jalan Sudirman, Jalan Kolonel Burlian, Jalan RA Kartini, Jalan Pasar Tradisional Belakang SD 1.