Begini Cara Bupati OKUT Perhatikan Warganya yang Mendapat Musibah

Bupati OKU Timur HM Kholid MD Didampingi unsur muspida saat memberikan bantuan bibit padi kepada korban banjir.

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Bupati OKU Timur HM Kholid MD didampingi ketua DPRD Beni Defitson, Pabung, Denpom Kepala BPBD serta unsur muspida berkeliling ke sejumlah wilayah di Pesisir Komering Kamis (24/11/2016). Kholid dan rombongan berkeliling untuk memantau dan memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir kiriman dari kabupaten OKU Selatan.

Adapun Bantuan yang diberikan berupa sembako dan bibit padi bagi masyarakat yang lahan sawahnya terkena banjir dan tanaman padinya mengalami fuso. Sedangkan tanaman yang hanya terendam dan tidak mengalami gagal tanam tidak mendapatkan bantuan bibit padi.

“Jika tanaman padi terendam penuh selama tiga hari, maka dipastikan akan mengalami fuso. Pemerintah sudah menyiapkan bantuan berupa bibit selain sembako untuk membantu petani. Namun bagi petani yang padinya hanya terendam dan tidak fuso jangan merasa iri karena tidak mendapat bantuan, bantuan ini diberikan kepada petani yang mengalami gagal tanam,” kata Kholid.

Banjir yang terjadi di wilayah OKU Timur kata dia, terutama yang berlokasi di pesisir komering dan Martapura disebabkan oleh kiriman dari wilayah OKU Selatan karena di hulu sungai komering intensitas hujan cukup tinggi sehingga debit air mengalami kenaikan.

“Meksipun di wilayah OKU Timur tidak hujan namun di OKU Selatan hujan deras, maka wilayah Komering tetap akan mengalami banjir. Terdata warga yang mengalami banjir sebanyak 3.000 Kepala Keluarga (KK). Sedangkan untuk lahan pertanian yang terendam saat ini masih dalam pendataan,”

Sementara warga yang menerima bantuan ketika diwawancarai mengucapkan terimakasih kepada Kholid yang telah datang langsung dan menyerahkan bantuan baik sembako maupun bibit kepada petani. Selain itu, dia juga mengucapkan terimakasih atas motiovasi dan himbauan yang telah diberikan Kholid kepada masyarakat.

“Tentunya kami senang dikunjungi langsung oleh pak Kholid. Selama ini pak camat selalu berkoordinasi dengan kami. Namun dengan datangnya bupati, itu menunjukkan bahwa dia benar-benar perduli dengan rakyatnya, apalagi kalau bantuannya diberikan secara terus menerus,” ungkapnya sambil tertawa.