Dana Desa Tahun 2017 Digunakan Untuk Infrastruktur dan BUMDes

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat menyampaikan jawaban pemandangan fraksi-fraksi

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Anggaran dana desa tahun 2017 mendatang penggunaannya selain difokuskan pada pembangunan infrastruktur juga akan mengintensifkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Hal itu diungkapkan Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat membacakan jawaban pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD OKU Timur di rapat paripurna Rabu (23/11/2016).

Menanggapi usulan evaluasi oleh fraksi PDIP agar menggunakan dana Desa untuk pembangunan fisik, menurut Kholid akan dievaluasi terlebih dahulu sebelum disetujui. Selain melakukan evaluasi terhadap penggunaan dana desa tersebut, usulan itu juga akan dijadikan sebagai panduan dalam pelaksanaan penggunaan dana desa tahun berikutnya.

“Kita instruksikan pelaksanaan pembangunan jalan desa harus lebih mengutamakan kualitas dan tidak asal jadi,” tegas Kholid.

Ketua DPRD OKU Timur, Beni Defitson mengatakan sesuai aturan dana desa dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi desa, untuk kesejahteraan perangkat desa dan peruntukan lainnya.

“Namun mengingat prioritas kebutuhan yang ada didesa masih berkutat pada persoalan infrastruktur dan kedaaan yang lebih penting lainnya maka itu belum boleh diperkenankan, karena kita harus mengatasi persoalan yang pokok dulu. Setelah selesai baru nanti bisa digunakan untuk kesejahteraan rakyat untuk membantu perekonomian yang tentunya tetap harus dikeluarkan terlebih dahulu Peraturan Bupati (Perbub),” katanya.