”Bayar Balik Jasa Guru”

 

 

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Momentum Hari guru yang jatuh pada tanggal 25 November 2016 merupakan bentuk penghargaaan pemerintah terhadap eksistensi profesi ini.

Ikatan guru Indonesia kabupaten OKU Timur sebagai salah satu organisasi profesi guru juga sangat mengapresiasi kegiatan kegiatan yang banyak dilakukan oleh sekolah sekolah yang ada di lingkungan dinas pendidikan Nasional Kab OKU Timur.

Dalam rangka memperingati HGN 2016 dan bertepatan dengan hari jadi IGI yang ke 7 TH. Pengurus daerah IGI OKU Timur mengadakan kegiatan bertajuk ”BAYAR BALIK JASA GURU” Kegiatan ini dimaksudkan untuk menggugah seluruh elemen masyarakat untuk membuat gerakan sosial membayar kembali jasa guru yang sudah membimbing dan mengajar kita selama ini.

15218272_1362524490424862_1352801896_n

Kegiatan ini mengambil Tema IGI Peduli sesama, titik kegiatan dilaksanakan di dua tempat yang berbeda yakni Kecamatan BP Bangsa Raja dengan kegiatan IGI memberikan paket bantuan kepada 27 tenaga pendidik yang sempat mendapatkan musibah banjir. Sedangkan kegiatan kedua diadakan di Kecamatan Madang Suku II, dilokasi tersebut IGI OKU Timur yang diwakili oleh ketuanya Bambang Siswanto S.Ag membagikan secara simbolis 23 paket bantuan bagi korban banjir di kecamatan Madang Suku II.

Selain itu Ketua IGI OKU Timur juga berharap agar kiranya pihak-pihak lain lebih intens mengadakan program-program yang sekiranya dapat membantu para guru dan lainya. Bantuan bukan hanya berbentuk materi yang diberikan pada guru tetapi bentuk bentuk fasilitas kegiatan juga sangat dibutuhkan oleh guru-guru khususnya di Kabupaten OKU Timur.

Pada saat yang sama Panitia pelaksana kegiatan Bayar balik Jasa guru yang merupakan sekertaris IGI Kabupaten OKU Timur HBR Himawan Bastari R S.Pd menjelaskan Bila peringatan hari guru hanya dimaknai sebagai bentuk perayaan dan bukan dalam tataran konkrit, maka bangsa Indonesia harus rela mengubur mimpinya untuk memiliki SDM pada masa depan.

Cara masyarakat suatu daerah memperhatikan guru akan sangat menentukan sekali masa depan daerah itu Cara sebuah masyarakat memperlakukan guru adalah cara masyarakat untuk menyiapkan masa depan.

“Bertepatan dengan peringatan HGN ini dan juga bersamaan dengan Hari ulang tahun IGI ke-7, kami sangat mengapresiasi apa yang sudah dikerjakan guru hari ini , karena dengan mengapresiasi jasa guru berarti kita mengapresiasi masa depan,” katanya.

“Kalau kita tidak menghargai guru, maka kita tidak sedang menghargai masa depan karena kita titipkan persiapan masa depan itu kepada para guru,” sambungnya.

Pemerintah saat ini berupaya meningkatkan penghasilan dan juga kesejahteraan para guru dengan mengangarkan dan melaksanakan program dalam memperbaiki taraf hidup para guru

“Maka kami menghimbau kepada pemerintah bahwa sudah saatnya masyarakat dan kalangan dunia usaha yang ada di lingkungan sekitar “Give back to teachers” Bayar balik kepada para guru. Beri kemudahan pada guru,” katanya.

Menurutnya hal itu adalah salah satu cara dalam memuliakan guru, karena jika kita memuliakan guru, tentunya masa depan kita juga akan lebih mulya.

“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan IGI OKU Timur. Kami akan terus konsisten untuk bergerak dan bekerja dalam memuliakan guru-guru kita tentunya dengan cara yang berbeda.

15271485_1362524547091523_1431491712_o

kami juga mengucapkan selamat hari guru Nasional,dan juga mengucapkan Selamat kepada PGRI yang saat ini melaksanakan hari ulang tahunnya yang ke 71, Guru mulia karena karya,” pungkasnya.

penulis: HBR Himawan Bastari R S.Pd