Kholid Minta Pengusaha Beras Belitang Bantu Korban Banjir

HM Kholid MD

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Luasnya lahan di Wilayah bantaran sungai Komering yang terendam banjir dan mengalami gagal tanam (fuso) tentu saja akan berdampak pada ketersediaan kebutuhan sehari-hari masyarakat. Ditambah lagi dengan kondisi air sungai yang terus meningkat membuat masyarakat mengalami kesulitan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Untuk meringankan beban masyarakat tersebut, Bupati OKU Timur HM Kholid MD memerintahkan kepada Asisten IV Setda OKU Timur untuk meminta bantuan kepada seluruh pengusaha beras terutama yang ada di wilayah Belitang dimana di wilayah tersebut kondisi ekonomi terutama lahan sawah tidak mengalami gangguan seperti di Jalur Komering yang sebagian besar dilanda banjir kiriman dari OKU Selatan.

“Dengan kondisi sekarang masyarakat tentunya tidak bisa mencari makan karena air meluap akibat banjir kiriman dari hulu sungai. Selain memberikan bantuan berupa sembako, pemerintah juga memberikan bantuan bibit bagi petani yang padinya terkena fuso,” kata Kholid.

Jika tanaman padi petani terkena fuso kata dia, otomatis petani tidak bisa makan. Jadi dibantu bibit. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selain memberikan bantuan sembako, Kholid juga memerintahkan kepada jajarannya untuk meminta bantuan beras dari wilayah Belitang untuk membantu masyarakat yang terkena banjir.

“Saya instruksikan kepada asisten IV pak Wakimin untuk mengkoordinir meminta bantuan kepada pengusaha beras Belitang. Disana beras banyak sementara disini sekarang terkena musibah. Jadi sudah sewajarnya mereka membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah,” kata Kholid.

Namun sebelum memutuskan untuk meminta bantuan para pengusaha beras tersebut dihadapan masyarakat yang terkena bencana banjir dia terlebih dahulu meminta pendapat masyarakat. “Mereka harus mau membantu kita yang terkena musibah, paksa agar mereka memberikan bantuan, kalau tidak demikian mereka tidak akan sadar bahwa ada saudaranya yang sedang kesusahan. Bagaimana ? setuju ?,” kata Kholid yang sontak dijawab masyarakat dengan setuju sambil tersenyum gembira.

Menurut Kholid, sebagai sesama manusia sudah sewajarnya membantu sesama yang mengalami kesulitan terlebih saudaranya sendiri satu daerah. Tidak pantas mereka menutup mata dengan kondisi saudaranya yang kesusahan. Untuk itu saya minta kepada para pengusaha beras Belitang untuk menyisihkan berasnya untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah,” katanya.

Menurut Kholid, Bajir yang ada di OKU Timur disebabkan oleh luapan sungai Komering akibat tingginya intensitas hujan di Hulu sungai yakni OKU Selatan. Jadi meskipun di wilayah OKU Timur tidak hujan jika di hulu sungai hujan deras, maka wilayah OKU Timur terutama yang berada di sekitar bantaran sungai Komering tetap akan mengalami banjir.