FKH Cindo Nihan OKUT Gelar Aksi Festival Hijau

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berserta Forum Komunitas Hijau (FKH) Cindo Nihan, Kabupaten OKU Timur, Minggu (4/12/2016), mengelar aksi festival hijau di Taman Tani Merdeka, Martapura. Acara yang berlangsung tersebut meliputi beragam kegiatan seperti jalan santai, lomba 3R (Reduce, Reuse dan Recycle), lomba mewarnai tingkat TK, serta lomba kicau burung.

Sejak tahun 2012 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah meluncurkan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) bagi Kabupaten/Kota di Indonesia. Hal tersebut ditujukan sebagai terciptanya Kabupaten/Kota yang berkelanjutan dalam segi lingkungan, ekonomi dan sosial budaya.

Dalam acara tersebut, ketua FKH Cindo Nihan Kalis ketika dikonfirmasi mengatakan, bahwa FKH ikut mengkampanyekan penyelamatan flora dan fauna di Indonesia, khususnya flora dan fauna endemik (lokal) yang ada di Kabupaten OKU Timur. Selain itu, sekaligus pihaknya mengajak semua elemen masyarakat untuk berkomitmen dalam penyelamatan flora dan fauna serta memberikan dan menanamkan nilai-nilai edukasi lingkungan hidup kepada generasi muda.

“Kami FKH pro aktif meningkatkan pemahaman tentang pentingnya kota hijau yang berkelanjutan dan mengkampanyekan pemanfaatan ruang terbuka hijau dan isu-isu pelestarian lingkungan hidup serta menjaga dan mempergunakan ruang-ruang terbuka hijau untuk aktivitas-aktivitas positif guna menunjang peningkatan kesejahteraan bersama,” katanya.

Sementara, Bupati OKUT HM Kholid MD dalam sambutannya melalui asisten II Tubagus Sumarseno mengatakan, Forum Komunitas Hijau merupakan salah satu hal penting dalam pengembangan kota hijau mengingat keikutsertaan masyarakat sebagai bagian dari jejaring komunitas yang dapat menjadi motor penggerak utama gerakan hijau serta menjadi pembawa perubahan untuk pelestarian lingkungan hidup.

“Forum Komunitas Hijau (FKH) ini dibentuk sebagai sarana untuk mewadahi komunitas-komunitas yang ada di dalam masyarakat yang menitikberatkan pada isu lingkungan hidup dan sosial budaya di Kabupaten/Kota. Dimana setiap anggota komunitas dapat saling belajar dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kota hijau,” jelasnya.

Tak lupa, pihaknya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya seluruh anggota FKH Cindo Nihan, agar dapat berkontribusi aktif sebagai agen pembawa perubahan dalam upaya menjadikan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur sebagai kota hijau di Sumatera Selatan.

Penulis : Choirul Rohman