Ini Konsep Alex Noerdin Untuk Mensejahterakan Masyarakat OKU Timur

Gubernur Sumatera Selatan (sumsel) Ir H Alex Noerdin SH (Kanan) didampingi Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat akan meninjau kondisi jalan Provinsi Desa Gumawang

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Masyarakat Kabupaten OKU Timur membutuhkan penghasilan tetap untuk memenuhi dan menunjang kebutuhan hidup setiap hari yang tentu saja akan terus meningkat seiring perkembangan tekhnologi dan ekonomi. Hal itu diungkapkan Gubernur Sumatera Selatan Ir H Alex Noerdin SH saat berkunjung ke OKU Timur beberapa waktu lalu.

Alex mengajak seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat untuk memikirkan bagaimana caranya untuk bisa meningkatkan kesejahteraan dalam waktu singkat dan tidak terlalu lama. Karena di OKU Timur tentunya ada yang sudah mapan dan ada yang membutuhkan bantuan dan harus mendapat bantuan dan dukungan penuh dari pemerintah.

OKU Timur ini terkenal dengan duku dan Durian Komering. Namun tanaman duku dan durian yang ada saat ini adalah yang ditanam oleh nenek moyang terdahulu. Mungkin ada yang baru ditanam namun belum menghasilkan dengan maksimal. Selain itu, duku dan durian tersebut merupakan buah musiman yang hanya bisa dinikmati setiap tahun bukan setiap bulan,” kata Alex.

Untuk mensejahterakan masyarakat kata dia, tentunya diperlukan terobosan-terobosan sehingga masyarakat setiap bulan memiliki penghasilan tetap dan mampu untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Menurut Alex, pemerintah Provinsi akan mendukung apa yang dilakukan oleh Pemerintah OKU Timur dalam meningkatkan perekonomian masyarakat seperti dengan budidaya pisang, pepaya, jeruk dan lain-lain.

“Kalau durian dan duku itu hasil tahunan. Kita akan coba untuk meningkatkan dengan tanaman kholtikultura. Pastikan kebutuhan mendasar rakyat terpenuhi dan bukan hanya makan sehari-hari. Selain itu, pendidikan dan kesehatan masyarakat juga harus diperhatikan,” katanya.

Menurut Alex, tanaman kholtikultira bisa dikatakan untuk penghasilan petani jangka pendek, untuk itu juga harus difikirkan bagaimana agar petani memiliki penghasilan jangka panjang sehingga beban masyarakat akan terasa ringan dan bisa menikmati hidup yang lebih sejahtera.

“Saya datang kesini untuk mendapatkan gambaran lebih jelas apa yang terjadi dan apa yang bisa saya perbuat untuk mensejahterakan masyarakat OKU Timur ini. Saya kesini bukan hanya sekedar meninjau kemudian melupakan. Saya berdiskusi dengan masyarakat bagaimana cara mensejahterakan rakyat OKU Timur dan memenmuhi kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan,” janji Alex.