Sat Pol PP OKUT Gagalkan Pengiriman Ribuan Miras Berakohol 14,8 Persen

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) OKU Timur bersama anggota Polres dan Sub Denpom OKU, Selasa (6/12/2016) sekitar pukul 13.00 Wib berhasil menggagalkan sedikitnya 4800 botol minuman keras (Miras) yang akan diedarkan di wilayah Kecamatan belitang, Kabupaten OKU Timur.

Pengiriman ribuan botol Miras bermerk ‘Sempurna’ dengan rata-rata kadar alkohol mencapai 14,8 persen ini, berhasil digagalkan saat dalam perjalanan menggunakan mobil boks dengan Nomor Polisi (Nopol) BG 9621 SM yang dikemudikan Lean Manurung di Desa Sidomulyo, Kecamatan Belitang.

Ketika dikonfirmasi, Kasat Pol PP OKU Timur Vikron Usman mengatakan, sebelumnya pihaknya beserta anggota terlebih dahulu mengintai pergerakan mobil tersebut guna memastikan barang didalamnya adalah Miras.

“Informasinya Miras ini memang akan didistribusikan di wilayah OKUT. Mobil itu kita tangkap saat akan bongkar Miras dari mobil ke gudang. Sempat terjadi ketegangan saat akan digeledah, antara petugas dan pemilik Miras,” katanya, Selasa (6/12/2016).

Lanjut Vikron, sebelumnya sempat ada pengiriman miras dengan jumlah besar, namun anggotanya tidak berhasil menggagalkan pengiriman tersebut. Kendati tak ingin kebobolan untuk kedua kalinya, pihaknya menginstruksikan anggotanya untuk terus memantau dan mencari informasi akan adanya pengiriman Miras dalam jumlah besar.

“Pelaku pengiriman Miras ini sempat kelabuhi petugas dengan mengganti Nopol mobil tersebut, yang aslinya BG 9621 SM tapi diganti dengan B 9621 SM. Tapi anggota kami berhasil gagalkan pengiriman ini. Tentunya kami akan terus memantau seluruh kegiatan yang ada hubungannya dengan penyakit masyarakat, termasuk Miras,” lanjutnya.

Sementara, ketika dibincangi Lean Manurung, warga Sukajadi Baturaja yang merupakan sales sekaligus sopir mobil boks mengatakan, ribuan botol Miras tersebut merupakan hasil produksi dari Kota Tangerang dan cabang distributornya berada di Baturaja, Kabupaten OKU.

“Miras ini milik Chritian RH Pandiangan, yang disimpan digudang milik PT Cita Abadi Prima Sejahtera, cabang Sumsel yang ada di Jalan A Yani Lorong Hamidi, No. 0193 Kelurahan Tajung Baru, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU,” terangnya.

Dirinya juga mengaku, nantinya ribuan botol Miras ini akan didistribusikan di Kabupaten OKU Timur, khususnya diseputar wilayah Kecamatan Belitang. “Satu kotak berisi dua lusin Miras merk Sempurna dengan kadar alkohol 14,8 persen Golongan B. Kami jual Miras ini seharga Rp 480 ribu perlusin,” imbuhnya.

Penulis: Febriyan Rudiarto