Usai Curi Getah Karet, Remaja Ini Diringkus Buser

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Anggota tim Buru Sergap (Buser) Polsek Semendawai suku III, Kemarin (06/12/2016), sekitar pukul 21.00 Wib, berhasil meringkus tersangka (Tsk) Ahmad Nuryadi (17), anak remaja yang diketahui warga Desa Mulya Jaya, Kecamatan Semendawai Timur, diduga kuat sebelumnya telah melakukan tindak pidana pencurian getah karet.

Ketika dikonfirmasi, Rabu (07/12/2016), terkait kronologis kejadian, Kapolres OKU Timur AKBP Audie S Latuheru melalui Kabag Ops Kompol Nurhadiansyah didampingi Kabag Humas AKP Hardan mengatakan, bermula saat korban sekitar pukul 06.00 WIB mendatangi kebun karet miliknya yang berada di Desa Mulya Jaya, Kecamatan Semendawai Timur terkejut melihat semua mangkok penadah getah karet miliknya telah kosong.

“Peringkusan Tsk Ahmad dilakukan berdasarkan laporan kepolisian B/ 25 / XII /2016/SS/OKUT/sek SSIII, tanggal 6 Desember 2016, kss CURAT Psl 363 KUHP atas laporan korban EB (34), warga Desa Mulya Jaya, Kecamatan Semendawai Timur, yang mengaku telah kehilangan getah karetnya saat dirinya hendak menyadap karet pada Senin lalu,” Katanya.

Lanjut Hardan, mengetahui hal tersebut korban langsung menghubungi buruh kebun dan langsung melakukan pencarian dan pengintaian. Setelah melakukan pencarian, korban menemukan karet yang sudah di cetak dengan menggunakan kotak (Pes,red) warna biru berada dalam kebun milik saudara Sumiatun yang perisis bersebelahan dengan kebun korban.

“Merasa curiga korban bersama buruh dan warga langsung melakukan pengintaian disekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada jam 11.00 WIB. Tak lama berselang datanglah Sumiatun bersama anak laki – lakinya (Tersangka,red) untuk melakukan aktifitas menderes kebun karet miliknya yang bersebelahan dengan kebun korban. Akan tetapi tersangka lebih dahulu menutupi karet yang diduga milik korban dengan menggunakan daun kering,” Lanjutnya.

Lebih lanjut Hardan jelaskan, merasa ada yang janggal dengan tingkah tersangka, korban mencoba mendekat dan menanyakan langsung bagaimana bisa karet miliknya yang hilang berada diareal kebun Samiatun.

“Akhirnya korban langsung membawa karet dari TKP menuju rumah Kepada Desa (Kades) Mulya Jaya,” imbuhnya.

Sementara, hasil dari introgasi serta penyelidikan polisi, akhirnya tersangka mengakui perbuatannya dan menjelaskan bahwa temannya berinisial CD (DPO) juga ikut melakukan pencurian tesebut.

“Tersangka dan Barang bukti kini sudah diamankan di Mapolres OKUT. Untuk Tsk CD saat ini kami masih melakukan pengejaran,” pungkasnya.

Penulis : ebye