HM ‎Kholid: Pendidikan dan Kesehatan Hak Masyarakat

HM Kholid MD

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur akan memprioritaskan pembangunan gedung sekolah serta sarana prsarana penunjang pendidikan. Demikian diungkapkan Bupati OKU Timur HM Kholid MD diwawancarai Jumat (16/12/2016).

Menurut Kholid, pelaksanaan pembangunan di kabupaten OKU Timur kedepan dengan skala prioritas. Selain itu pelaksanaan pembangunan dilaksanakan secara terarah sesuai dengan RPJMP dan  kebutuhan masyarakat terutama pembangunan gedung sekolah.

Pendidikan dan kesehatan itu hak masyarakat sehingga ini menjadi skala prioritas. Karena jika sarana pendidikan bagus tentu akan berpengaruh dengan semakin membaiknya mutu dan kualitas pendidikan. Karena itu sektor pendidikan dan kesehatan tidak luput dari perhatian pemerintah. Karena jika masyarakat cerdas dan sehat tentu akan menjadi aset yang tidak ternilai.

“Namun sebelum membangun gedung sekolah yang pertama harus diperhatikan adalah kontruksi awal pembangunan. Jika daerahnya rendah tentu kontruksi pembangunan harus lebih tinggi agar tidak terkena banjir. Contohnya di daerah pesisir Komering yang merupakan dataran rendah tentu kontruksi awalnya harus sudah bisa mengantisipasi banjir,” katanya.

Memang tidak bisa dipungkiri kata Kholid, jumlah guru yang pensiun cukup banyak. Namun untuk menutupi kekurangan tersebut pihaknya akan memaksimalkan  tenaga pendidik yang ada. Menurutnya, pendidikan di OKU Timur saat ini sudah cukup bagus.

“10 tahun lalu jumlah gedung sekolah yang tidak layak mencapai 80 persen sekarang masih sekitar 10 persen yang menjadi prioritas kita,” ungkapnya.

Sedangkan Kadiknas OKU Timur M Aly Pasyai mengatakan pada 2017 pembangunan akan dilaksanakan untuk SDN 2 Karangmenjangan.