Bupati OKUT Resmi Kukuhkan Tim Satgas Saber Pungli

Bupati OKUT saat resmikan tim Satgas Saber Pungli

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten OKU Timur beserta jajaran anggota Polres OKUT kini lebih serius dalam upaya menyapu bersih seluruh praktek pungutan liar (Pungli), khususnya yang ada di Kabupaten OKU Timur.

Hal itu dapat dibuktikan dengan dikukuhkannya tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) pimpinan Wakapolres OKUT Kompol Yulianto, oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD, Kamis (22/12/2016), dihalaman Mapolres OKUT.

Menurut Kholid, setelah resmi dikukuhkannya Tim Saber Pungli nantinya harus bisa bertindak tegas apapun bentuk Pungli baik dilingkungan masyarakat maupun pemerintahan. “Dengan adanya tim Saber Pungli ini, harapan kita kedepan OKUT bisa benar-benar bersih dari maraknya praktek pungli saat ini,” katanya.

Lanjut Kholid, dirinya juga tidak lupa menghimbau untuk Tim Saber Pungli agar tidak segan melakukan tindakan, baik terhadap masyarakat, pegawai maupun pejabat serta aparat penegak hukum itu sendiri sekalipun jika terbukti terlibat melakukan praktek pungli.

“Jika nantinya memang ada biaya, harus jelas peruntukannya dan harus transparan sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu, sekalipun ada pejabat yang melakukan pungli silahkan ditindak jangan pandang bulu,” lanjutnya.

Lebih lanjut Kholid katakan, peran serta masyarakat dalam upaya menyapu bersih praktek pungli sangatlah diperlukan. Dirinya juga berharap apabila masyarakat melihat atau menemukan langsung adanya praktek pungli, diharapkan untuk segera melaporkan ke Tim Saber Pungli.

“Untuk seluruh lapisan masyarakat jangan pernah ragu atau pun takut untuk melapor. Pastinya identitas pelapor akan dijamin kerahasiaannya. Kalau memang Bupati melakukan pungli silahkan lapor, atau bila sekda yang pungli juga dilaporkan,” ungkapnya.

Sementara, Kapolres OKU Timur AKBP Audie S Latuheru ketika dikonfirmasi mengatakan, pembentukan Tim Saber Pungli ini merupakan bentuk tindaklanjut program pemerintah pusat yang ingin menyapu bersih segala bentuk praktek pungutan liar.

“Mudah-mudahan masyarakat nantinya bisa mendukung penuh apa yang sudah kita lakukan sejauh ini. Saya juga berharap, nantinya masyarakat bisa lebih berani melaporkan semua informasi yang berkaitan dengan adanya praktek pungli. Hal itu semua demi terwujudnya suasana kondusif aman dan nyaman,” tuturnya.

Dikesempatan yang sama, juga dilakukan penandatangan kesepakatan bersama antara Bupati, DPRD, Kapolres, Kajari, PWI OKUT, Tokoh masyarakat, Tokoh agama serta segenap elemen masyarakat. Hal itu tidak lain untuk terciptanya OKU Timur aman dan nyaman, sekaligus bentuk komitmen untuk mendukung kinerja Tim Saber Pungli OKU Timur.

Penulis: Febriyan Rudiarto