Resmikan Unit Sekolah Baru, Bupati OKUT: Berantas Buta Huruf di Bumi Sebiduk Sehaluan

loading...

KABAROKURIMUR.COM, MARTAPURA – Setelah sebelumnya memiliki sekolah Dasar, dan Sekolah menengah Atas (SMA) unggulan, Kabupaten OKU Timur kembali memiliki sekolah unggulan untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Martapura. Sekolah unggulan yang berlokasi di desa Lingot Kecamatan Martapura tersebut diresmikan langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD akhir Desember lalu.

Dengan diresmikannya SMP 4 unggulan Martapura tersebut jumah sekolah menengah pertama Negeri OKU Timur menjadi 51 sekolah yang sebelumnya hanya berjumlah 50 sekolah yang terletak di sejumlah wilayah di OKU Timur. Dengan berdirinya sekolah negeri unggulan tersebut, tentunya diharapkan OKU Timur kedepan dapat mencetak generasi penerus bangsa yang memiliki inovasi tinggi dalam membangun daerah khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan sejumlah kepala SKPD serta para kepala sekolah dan guru saat meresmikan SMP 4 Unggulan Martapura tersebut berpesan kepada para pendidik terutama guru untuk terus memberikan pendidikan moral akhlak yang baik. Karena dengan moral serta akhlak yang baik maka para siswa akan mampu menjadi siswa teladan yang bisa membawa kemajuan bangsa dan negara.

“Marilah kita bersama-sama memberantas buta huruf dan meningkatkan minat baca masyarakat. Kepada para guru saya berpesan untuk tidak bosan-bosan dalam memberikan pembelajaran kepada siswanya. Didiklah siswa dengan baik dan berikan contoh yang baik sehingga setelah mereka selesai akan membawa hal-hal yang baik kepada lingkungannya,” katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan OKU Timur Ali Pasyai dalam sambutannya mengatakan, dengan dibangunya SMPN 4 Unggulan Martapura tersebut jumlah SMPN di OKU Timur menjadi 51 sekolah. Sedangkan untuk jumlah sekolah SMP swasta sebanyak 33 sekolah dan untuk sekolah dasar sebanyak 417 sekolah.

Peresmian SMPN 4 unggulan yang dibangun dengan menggunakan dana APBN tersebut diwali dengan penanaman pohon yang dilakukan oleh Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD) yang dilanjutkan dengan pemotongan pita yang disaksikan oleh, sejumlah guru, kepala dinas, badan dan kantor serta tamu undangan yang hadir.

Setelah melakukan pemotongan pita, Kholid dengan didampingi kepala dinas pendidikan dan rombongan FKPD kemudian menandatangani prasasti diresmikannya sekolah unggulan tingkat pertama tersebut.

Usai menandatangani prasasti, Kholid dan rombongan kemudian melakukan pemantauan terhadap seluruh ruangan dan melakukan percobaan terhadap moubeler sekolah. Bahkan dalam kesempatan itu juga Kholid sempat berpura-pura untuk menjadi siswa yang seakan sedang mengikuti pelajaran dengan duduk di kursi bagian depan. (adv).

Bupati saat menandatangani prasasti.
Bupati sempatkan diri melihat ruang dan mencoba meja siswa.
Bupati OKUT didampingi Kepala Dinas Pendidikan melihat fasilitas sekolah.