Usai Beraksi, Satu dari Dua Pelaku Curas Berhasil Diringkus Warga

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Warga desa Baturaja Bungin, Kecamatan Bunga Mayang, Selasa (3/1/2017) sekitar pukul 10.00 Wib, berhasil meringkus satu dari dua tersangka komplotan residivis Pencurian Dengan Kekerasan (Curas), yang sebelumnya sempat menjalankan aksinya di Desa Negeri Ratu, Kecamatan Bunga, Kabupaten OKU Timur.

Dede Saputra (20), yang tercatat sebagai warga desa Campang Tiga, Kecamatan Cempaka, diketahui merupakan satu dari dua tersangka pelaku Curas yang berhasil ditangkap warga usai sebelumnya sukses merampas sepeda motor milik korban LD (24), warga Desa Sukaraja, Kecamatan Muaradua yang hendak menuju Martapura dengan menggunakan sepeda motor honda Beat warna merah bernomor Polisi BG 5213 AAL.

“Tersangka Dede bersama rekannya berinisial AD (25) yang saat ini masih buron jalankan aksinya di desa Negeri Ratu menggunakan sepeda motor suzuki tanpa bodi dan plat nomor polisi. Dilokasi kejadian kedua tersangka ini berhasil merampas sepeda motor beserta tas korbannya dan langsung melarikan diri kearah Muaradua,” terang Kapolres OKU Timur AKBP Audie S Latuheru melalui Kabag Humas AKP Hardan, ketika dikonfirmasi Selasa (3/1/2017).

Lanjut Hardan, pada saat kejadian korban sempat memberikan perlawanan, namun perlawanan korban tak berarti setelah kedua tersangka sempat mengancam korban dengan menggunakan sebilah pisau. Pihak Kepala desa setempat yang mengetahui kejadian tersebut langsung memberikan informasi kepada anggota kapolpos Baturaja Bungin bahwa kedua tersangka pelaku Curas melarikan diri kearah Mauradua.

“Berkat informasi itu, Aiptu Syahri bersama warga langsung bergerak untuk memblok sekaligus mengepung jalan Desa Baturaja Bungin, dan hasilnya satu dari dua tersangka berhasil ditangkap saat sedang mengendarai sepeda motor korban,” lanjutnya.

Lebih lanjut Hardan katakan, mengetahui rekannya tertangkap, satu pelaku lainnya yang berinisal AD langsung melarikan diri dengan cara meninggalkan sepeda motornya dan berlari masuk kearah hutan yang ada diareal sekitar jalan raya Martapura-Muaradua.

“Rekan tersangka saat penangkapan berlangsung berhasil melarikan diri masuk kedalam hutan yang ada di jalan raya Martapura-Muaradua,” ujarnya.

Sementara, saat dibincangi tersangka Dede Saputra (20) mengaku dirinya sudah melakukan pencurian motor sebanyak dua kali di wilayah Cempaka dan Negeri Ratu. “Saya lakukan pencurian ini sebelumnya diajak kawan pak, saya menyesal pak,” imbuhnya.

Penulis: Febriyan Rudiarto