Mulai 6 Januari 2017, Biaya Administrasi Pengurusan SKCK di Polres OKUT Naik Menjadi Rp30 Ribu

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA –Terhitung mulai tanggal 6 Januari 2017 mendatang, Polres OKU Timur mulai memberlakukan biaya baru pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Dimana, jika warga sebelumnya dalam mengurus SKCK dikenakan biaya senilai Rp10 ribu, nantinya biaya administrasi tersebut akan naik sebesar Rp30 ribu.

Hal itu sesuai dengan ketentuan PP 60 tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di bidang pelayanan SKCK dan merupakan bentuk revisi atau perubahan dari ketentuan sebelumnya PP 50 tahun 2010.

“Sebelum tanggal 6 Januari 2017, biayanya senilai Rp10 ribu. Nah, sejak tanggal tersebut, biaya naik menjadi Rp30 ribu,” ujar Kapolres OKU Timur, AKBP Audie S Latuheru melalui Kabag Humas AKP Hardan, ketika dikonfirmasi Rabu (4/1/2017).

Dikatakan Hardan, pihaknya sejauh ini telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait adanya kenaikan biaya administrasi dalam pembuatan SKCK.

“Kalau biaya administrasi lainnya seperti pembuatan STNK kendaraan roda dua sebelumnya dari Rp60 ribu menjadi Rp100 ribu, sedangkan kendaraan roda empat tarif sebelumnya Rp75 ribu menjadi Rp200 ribu,” katanya.

Pihaknya menambahkan, untuk persyaratan dalam pembuatan semua jenis surat tersebut masih tetap sama seperti sebelumnya dan tidak ada perubahan.

“Masyarakat yang ingin membuat surat persyaratan tetap sama dan tidak ada perubahan, seperti contoh dalam pembuatan SKCK cukup lampirkan KTP, Pass foto dan rekomendasi dari pihak Polsek,” imbuhnya.

 

Penulis: Febriyan Rudiarto