Tingkatkan Keamanan, Polres OKUT Terjunkan 114 Personel Bhabinkamtibmas

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Guna wujudkan situasi kondisi keamanan yang aman dan nyaman ditengah lingkungan masyarakat, serta meningkatkan kualitas keamanan di Bumi Sebiduk Sehaluan, Polres OKU Timur sejauh ini telah menerjunkan sedikitnya 114 personel Bhabinkamtibmas ke 332 desa yang ada di Kabupaten OKU Timur. Hal itu ditujukan untuk memudahkan komunikasi terkait jika nantinya terjadi beragam kejadian disetiap desa.

Ketika dikonfirmasi, Senin (9/1/2017), Kapolres OKU Timur AKBP Audie S Latuheru didampingi Wakapolres Kompol Yulianto melalui Kabag Ops Kompol Nurhadiansyah mengatakan, Bhabinkamtibmas sendiri merupakan ujung tombak pihaknya dalam upaya mewujudkan cipta kondisi yang aman dan nyaman, selain itu juga sebagai mediator untuk menjalin kerjasama yang baik antara anggota kepolisian dengan aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta tokoh adat yang ada di desa-desa maupun kelurahan.

“Sejauh ini Polri sudah menjadikan Bhabinkamtibmas sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat yang ada disetiap desa tentunya untuk wujudkan rasa aman dan nyaman ditengah lingkungan masyarakat. Selain itu, Bhabinkamtibmas juga sebagai mediator, negosiator dan fasilitas dalam penyelesaian permasalahan – permasalahan sosial yang terjadi dilingkungan masyarakat,” katanya.

Pihaknya berharap, adanya Bhabinkamtibmas bisa membina masyarakat agar dapat wujudkan kondisi yang bersifat menguntungkan bagi pelaksanaan tugas Polri disetiap desa maupun kelurahan yang ada di Kabupaten OKU Timur. Selain itu, nantinya tugas Bhabinkamtibmas juga harus bisa melakukan pembinaan terhadap masyarakat yang menjadi tanggungjawab untuk dapat meningkatkan terus partisipasi masyarakat, terutama dalam kesadaran hukum dan ketaatan masyarakat terhadap hukum dan perundang – undangan yang berlaku.

“Kami sangat berharap nantinya Bhabinkamtibmas bisa membina ketertiban masyarakat terhadap norma – norma hukum yang berlaku, memediasi dan memfasilitasi upaya pemecahan masalah jika terjadi ditengah lingkungan masyarakat. Selain itu juga dapat mengkoordinisir upaya pembinaan dengan perangkat desa maupun kelurahan. Untuk masyarakat kami juga berharap sekiranya dapat mengaktifkan kembali Siskamling disetiap desa,” imbuhnya.

Pihaknya menambahkan, dari 114 personel Bhabinkamtibmas yang diturunkan tidaklah sebanding dengan banyaknya jumlah desa yang ada di wilayah OKU Timur. “Kita lihat di OKUT ini ada 332 desa, jika dibandingkan dengan personel yang hanya ada 114, jelas tidak akan sebanding untuk lakukan pengamanan. Maka dari itu, kami sangat berharap seluruh lapisan element masyarakat bisa berperan serta membantu pihak kepolisian dalam wujudkan cipta kondisi kemananan lingkungan yang aman dan nyaman,” harapnya.

Penulis: Febriyan Rudiarto