Polisi Kantongi Ciri-Ciri Pelaku Penembakan Rumah Wakil Ketua DPRD OKUT

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Aksi tindak kriminal yang dilakukan oleh komplotan perampok bersenjata api dirumah kediaman pejabat yang ada di OKU Timur, bukan hanya terjadi kali ini saja. Sebelumnya, rumah kediaman Sekda OKU Timur drs Idhamto juga pernah menjadi sasaran para komplotan perampok tersebut, hasilnya satu unit sepeda motor milik supir Sekda hilang digondol pelaku. Padahal sebelumnya diketahui rumah kediaman Sekda dijaga oleh anggota Satpol PP.

Dalam kasus serupa yang terjadi di kediaman Wakil Ketua DPRD OKU Timur, Rio Susanto, pada Selasa (10/1/2017) sekitar pukul 03.00 Wib lalu, membuat para tetangga berikan komentar atas adanya kejadian tersebut.

Seperti yang dikatakan Udin, tidak lain merupakan tetangga yang bermukim tepat didepan rumah kediaman Rio Susanto, pada saat kejadian dirinya mengaku tidak mendengar adanya suara letusan senjata api, sedangkan saat kejadian percobaan perampokan itu terjadi, dirinya juga mengaku baru tidur kurang lebih selama satu jam.

“Padahal saat kejadian aku belum lama tidur, kira-kira jam 2 pagi aku baru tidur, sedangkan kejadian itu terjadi jam 3 pagi. Memang sudah sering sekali rumah bapak itu diincar para pelaku kejahatan,” ujarnya.

Bukan hanya itu, dirinya juga mengatakan, tetangga yang rumahnya jauh dari rumah kediaman Wakil Ketua DPRD OKU Timur tersebut justru mendengar adanya suara letusan senjata api saat kejadian itu terjadi.

“Jadi kami yang tinggal dekat dengan rumah pak Rio ini sama sekali tidak dengar adanya suara tembakan, malah tetangga yang tinggal jauh dari rumah pak Rio yang dengar adanya suara tembakan itu,” jelasnya.

Sementara, ketika dikonfirmasi Rabu (11/1/2017), Kapolres OKU Timur Audie S Latuheru SIK mengatakan, dirinya mengaku belum mengantongi identitas para pelaku. Namun, pihaknya juga mengatakan sejauh ini anggota sudah mengantongi ciri-ciri para pelaku, hal itu   berdasarkan keterangan para saksi yang sebelumnya telah dimintai keterangan oleh penyidik Satreskrim Polres OKU Timur.

“Kita sudah kantongi ciri-ciri para pelaku, tinggal nantinya kita cocokan dengan ciri-ciri orang yang kita duga sebagai pelakunya. Meskipun begitu, kita juga terus lakukan proses penyelidikan,” katanya.

Selain itu, Kabag Ops Polres OKU Timur Kompol Nurhadiansyah menambahkan, untuk ketiga pelaku itu menurutnya merupakan orang OKU Timur. “Dari ketiga pelaku itu, satu diantaranya ada yang pincang ‘cacat’. Pelaku itulah yang hendak mengambi motor itu, namun gagal,” tambahnya.

Dilain pihak, Kasat Satpol PP OKU Timur Vikron Usman saat dikonfirmasi mengatakan, terkait adanya beberapa kejadian perampokan di rumah kediaman pejabat di OKU Timur, evaluasi yang selama ini sudah dilakukan akan lebih ditingkatkan lagi. Dimana katanya  para anggota piket atau bertugas menjadi penjaga rumah pejabat di OKU Timur akan dibekali dengan ilmu bela diri yang akan diajukan kepada Polres OKU Timur agar dapat memberikan pelatihan kepada anggota Satpol PP.

“Jadi sejauh ini upaya evaluasi sudah kita lakukan, nantinya anggota yang bertugas menjaga rumah kediaman pejabat akan kita evaluasi secara elegan dan akan kita tes juga sikologisnya. Sedangkan anggota Satpol PP yang dulu pernah   menjaga rumah Sekda yang kebobolan kini sudah dipecat, karena terbukti melakukan rekayasa kejadian,” jelasnya.

Sedangkan Wakil Ketua DPRD OKU Timur Rio Susanto saat dikonfirmasi mengatakan, dengan adanya kejadian seperti memang harus ada evaluasi petugas penjaga rumah pejabat di OKU Timur. Hal itu ditujukan agar kedepanya tidak terulang lagi kejadian serupa. “Adanya kasus yang menimpa rumah saya, yang jelas saya percayakan kepada pihak kepolisian  untuk mengungkapnya,” imbuhnya.

Penulis: Febriyan Rudiarto