Timsus Gabungan Ringkus Satu Dari Dua Tersangka Komplotan Curat

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA –
Jajaran anggota Polres OKU Timur yang tergabung dalam Tim Khusus (Timsus) anti gerandong beserta Tim Jatanras Polda Sumatera Selatan, Kamis (12/1/2017), berhasil meringkus satu dari dua komplotan pelaku Pencurian dengan Pemberatan (Curat).

Diketahui, Dirwan alias Sidir (27), tercatat sebagai warga Desa Nusa Tunggal, Kecamatan Belitang III, Kabupaten OKU Timur yang juga merupakan satu dari dua tersangka yang berhasil diringkus anggota gabungan Timsus. Saat ini anggota masih melakukan pengajaran terhadap satu tersangka lainnya berinisial DC, yang berhasil melarikan diri saat akan diringkus.

Anggota Timsus berhasil meringkus tersangka Dirwan berdasarkan laporan korban Riza Pahlepi (26), warga Desa Sidogede, Kecamatan Belitang I, Kabupaten OKU Timur yang tertuang dalam laporan korban LP-B/27/V/2016/ SUM/OKUT/Sek Bltng I, 23 Mei 2016.

Ketika dikonfirmasi, Kapolres OKU Timur Audie S Latuheru melalui Kasubag Humas AKP Hardan HS mengatakan, kejadian perampokan yang dilakukan komplotan bandit ini terjadi pada 23 Mei 2016 lalu, dengan cara kedua tersangka langsung mendatangi rumah korban menggunakan sepeda motor.

Setibanya dirumah korban, kedua tersangka dengan cepatnya berhasil berhasil membawa kabur satu unit mobil jenis L 300 warna hitam dengan nomor polisi (Nopol) BG 9804 YB yang ketika itu diparkir di pinggir jalan dengan cara merusak kunci kontak mobil milik korban.

“Sekarang  Timsus Anti Gerandong  dan Jatanras Polda Sumsel masih terus melakukan pengejaran terhadap terhadap tersangka berinisial DC dan mencari barang bukti mobil  L300 milik korban yang berhasil dicuri kawanan ini,” katanya, Jumat (13 /1/2017).

Lanjut Hardan, sebelum meringkus tersangka, anggota terlebih dahulu mendapat informasi dari masyarakat tentang keberadaan tersangka yang selama ini menjadi terget DPO. Berbekal informasi tersebut, anggota Timsus Anti Gerandong Polres OKU Timur bersama Tim Jatanras Polda Sumsel langsung melakukan penggerbekan di rumah tersangka.

“Tim gabungan langsung lakukan penggeldahan di rumah tersangka dan berhasil meringkus tersangka Dirwan. Selain berhasil membekuk tersangka Dirwan, anggota juga berhasil menyita Barang Bukti (BB) berupa satu  buah pisau cap garpu, satu unit sepeda motor  jenis honda revo yang dibeli tersangka dengan menggunakan uang hasil penjualan mobil milik korban dan satu buah dompet warna biru,” lanjutnya.

Sementara tersangka Dirwan saat di introgasi oleh penyidik kepolisian mengakui seluruh perbuatannya. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya kini tersangka terpaksa mendekam dibalik jeruji besi Polres OKU Timur.

Penulis: Febriyan Rudiarto