Dua Bendera Cina Berkibar di Mariana Sumsel, Satu Bendera Diturunkan

KABARSUMSEL Koramil 401-07/ Mariana, Kabupaten Banyuasin, Sumsel melakukan penurunan terhadap bendera berkebangsaan China yang berlokasi di PT Asri Gita Prasarana tepatnya di Desa Merah Mata Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Jumat (20/1/2017) pagi. Penurunan bendera Cina tersebut dilakukan setelah sebelumnya koramil Setelah mendapat laporan dari masyarakat.

Berikut kronologis penurunan bendera berkebangsaan cina tersebut seperti dikutip dari RMOLSumsel:

Pada hari Kamis tanggal 19 Januari 2017 berdasarkan informasi dari masyarakat tentang adanya bendera warna merah dengan berlambangkan bintang yang terpasang di dermaga PLTA PT Asri Gita Prasarana dengan alamat Desa Merah Mata kecamatan Banyuasin 1 Kabupaten Banyuasin.

Pada hari Jumat tanggal 20 Januari 2017 sekira pukul 08.15 Danramil 401-07/Mariana Kapten Inf Daspini memerintahkan Babinsa Merah Mata bernama Serka A. Roni untuk melakukan pengecekan secara langsung ke PT. Asri Gita Prasarana mengenai kebenaran adanya bendera berkebangsaan Cina tersebut.

Kemudian sekitar pukul 09.10 Serka Roni melaporkan hasil pengecekannya secara langsung dilapangan bahwa memang benar telah ditemukan adanya bendera negara china di areal PT Asri Gita Prasarana di dua titik yaitu di areal kantor securiti terpasang bendera negara china yang sejajar/berdampingan dengan bendera merah putih dan satu titik lagi di Dermaga yang jaraknya sekitar 200 meter dari titik pertama terpasang bendera negara China diujung dermaga terpisah dari bendera merah putih.

Sekira pukul 09. 20 sesuai petunjuk dari Danramil 401-07/Mariana, Babinsa Merah Mata atas nama Serka Roni melakukan konfirmasi sekaligus koordinasi dengan Humas PT Asri Gita Prasarana, Dadang perihal keberadaan bendera negara China tersebut.

Berdasarkan hasil konfirmasi dan koordinasi yang dilakukan didapat keterangan bahwa adanya bendera negara China di areal tersebu karena adanya kerjasama antara PT Asri Gita Prasarana dengan pemerintah China dan memang ada aturannya tentang pengibaran bendera tersebut sesuai dengan undang-undang.

Namun pihak perusahaanpun menyadari prihal pemasangan bendera negara China yang posisinya tersendiri di ujung Dermaga.

Atas dasar kesepakatan tersebut sekira pukul 09.40 salah seorang security PT Asri Gita Prasarana yang didampingi Babinsa Serka A. Roni menurunkan bendera negara China yang terpasang di ujung dermaga. Sedangkan untuk bendera yang ada disekitar kantor security tidak diturunkan dengan alasan sudah sesuai dengan aturan yang tersebut dalam undang-undang.
Sebagai catatan, tindakan yang diambil Danramil 401-07/Mariana sudah sesuai prosedur tentang penggunaan/pemasangan bendera negara asing sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 40 tahun 1958 Tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia.

Sumber: rmolsumsel.com