Binmas Polres OKU Timur Sosialisasikan Bahaya dan Dampak Teknologi Pada Pelajar

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Dalam upaya mengantisipasi bahaya dan dampak teknologi informasi terhadap dunia pendidikan, khususnya yang ada di Bumi Sebiduk Sehaluan, Polres OKU Timur melalui bagian Binaan Masyarakat (Binmas) menggelar kegiatan Fokus Group Diskusi (FGD) di SMA Negeri I Martapura yang diikuti sedikitnya oleh 85 peserta yang berstatus pelajar.

Dalam kegiatan tersebut Kasat Binmas Polres OKU Timur AKP Wahyu MP didampingi Kabid GTK dinas Pendidikan H.Sopiyan Hadi, S.Pd.MM, wakil Dinas Kominfo Arfan Hermawan,ST, beserta wakil kurikulum SMA Negeri I Martapura Emi, ditunjuk langsung sebagai narasumber untuk menyampaikan beberapa point penting terkait bahaya dan dampak teknologi terhadap pelajar.

Dalam sambutannya Kapolres OKU Timur AKBP Audie S Latuheru melalui Kasat Binmas AKP Wahyu MP mengatakan, adapun tujuan dari kegiatan Fokus Group Diskusi (FGD) kedepannya sangatlah penting untuk diketahui para pelajar. Mengingat, hampir seluruh kegiatan saat ini selalu tidak lepas akan peran teknologi itu sendiri.

“Sekarang ini banyak pelajar yang tak lepas dari dunia teknologi, maka dari itu mereka juga harus tahu akan bahaya dan dampak teknologi itu sendiri. Sehingga dengan adanya sosialisasi ini salah tujuannya adalah agar para pelajar bisa lebih memahami dampak negatif dari teknologi dan adanya Undang – Undang yang mengatur teknologi seperti yang tertuang dalam UU ITE no.19 thn 2016,” jelasnya ketika dikonfirmasi, Selasa (24/1/2017).

Lanjut Wahyu, dengan adanya kegiatan FGD ini, pihaknya berharap agar seluruh pelajar dapat mengetahui dampak baik positif dan negatif dari teknologi informasi. Selain itu, kedepannya para pelajar nantinya diharapkan juga dapat memfilter informasi hoax yang kini sering beredar.

“Harapan kedapan para pelajar bisa lebih mengetahui adanya sanksi atau hukuman mengenai penyalahgunaan informasi yang telah diatur UU ITE tersebut,” lanjutnya.

Pihaknya menambahkan, kedepannya dirinya juga akan terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kominfo Kabupaten OKU Timur untuk melakukan kegiatan Fokus Group Diskusi (FGD) diseluruh sekolah-sekolah yang ada di Bumi Sebiduk Sehaluan.

 

Penulis: Febriyan Rudiarto