Kholid: Tujuan Sekolah Itu Untuk Mencerdaskan, Jangan Tambah Lokal dan Kursi

Bupati sempatkan diri melihat ruang dan mencoba meja siswa.

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Bupati OKU Timur HM Kholid MD menegaskan bahwa Pendidikan Negeri tidak diperkenankan untuk menambah lokal baru selain perbaikan atau menambak kursi dari jumlah yang sudah ditetapkan setiap lokal. Hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi sekolah swasta yang ada untuk meraih siswa.

Seyogyanya kata dia, semua sekolah memiliki visi dan misi yang sama yakni mencerdaskan generasi bangsa untuk menjadi generasi penerus kedepan. Mengenai keberhasilan sekolah untuk mencerdaskan bangsa sebenarnya tergantung dari metode pembelajaran dan sistim dari sekolah tersebut baik yang swasta maupun yang negeri.

“Karena jika semua siswa yang pintar diambil oleh sekolah negeri dengan nilai masuk yang ditentukan maka yang akan masuk ke sekolah swasta adalah mereka yang nilainya rendah dan tidak sepintar yang masuk ke sekolah negeri. Kalau sekolah negeri hanya menampung siswa yang pintar saja, maka wajar jika siswa yang ada semuanyta pintar-pintar demikian juga sebaliknya dengan sekolah swasta,” kata Kholid.

Jadi lanjutnya, sekolah Negeri ataupun sekolah unggulan tidak bisa merasa bangga karena memiliki siswa-siswi yang pintar dan berbakat, karena memang sejak penerimaan semuanya sudah dipilih dan ditentukan yang diterima hanya mereka yang memiliki kemampuan diatas rata-rata.

“Sedangkan siswa yang masuk sekolah swasta yang nilainya rendah yang tentunya harus bekerja keras untuk menjadikan siswa memiliki karakter dan kejeniusan. Sekolah swasta memiliki sistim-sistim untuk mencerdaskan siswa, sementara sekolah negeri melanjutkan pendidikan siswa yang sudah memiliki kemampuan dan kepintaran,” katanya.

Tujuan awal sekolah itu adalah untuk mencerdaskan siswa-siswinya. Jadi pihaknya tegaskan untuk sekolah negeri agar tidak perlu ditambah dan tidak perlu menambah lokal dan kursi. Sedangkan untuk sekolah unggulan juga demikian, tidak perlu ditambah karena semakin banyak sekolah unggulan, maka sekolah swasta tidak akan memiliki kesempatan memiliki siswa yang jenius dan pintar.