Kholid MD: Nahdlatul Ulama Harus Menjadi Garda Terdepan

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat memberikan sambutan dalam HUT NU ke-91

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Ratusan masyarakat yang tergabung dalam organisasi Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten OKU Timur berkumpul di halaman Ponpes NU BK 1 Kecamatan Buay Madang untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) NU yang ke-91 Senin (30/1/2017). Peringatan HUT NU tersebut dihadiri oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD dan sejumlah unsur muspida dan anggota DPRD.

Dalam sambutannya Bupati OKU Timur meminta kepada seluruh jamaah NU untuk tetap hidup dengan sederhana dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan karena dengan demikian maka NU akan tetap menjadi sebuah organisasi Islam yang kuat dan memiliki integritas.

Dalam kesempatan itu juga dirinya sempat mengkritik panitia acara yang dalam membacakan ayat Al-Quran memiliki makna yang tidak sesuai dengan ulang tahun ke-NU-an. Menurutnya ayat yang dibacakan oleh tilawah adalah ayat yang membicarakan masalah haji.

“Mestinya ayat yang dibaca adalah surat Ali Imron yang berkaitan dengan persatuan, atau surat al Hujurat yang berkaitan dengan Kebhinekaan. Jadi meskipun NU ini kuat tetap ada kelemahannya. Salah satunya adalah itu tadi,” katanya mengkritisi.

Kholid berharap, NU akan menjadi garda terdepan dalam membangun kebhinekaan dan perbedaan. Selama ini NU telah menjadi garda terdepan dalam menjaga kerukunan ummat beragama. Harapan kedepan NU menjadi motor penggerak dalam bangkitnya ekonomi syariah. Ekonomi berbasis Hukum agama.

“Dengan bangkitnya ekonomi syariah, maka bank 4-6 atau bank plecit akan bisa diberantas. Jangan meminjam uang yang nantinya akan menyebabkan rumah terjual. NU harus menjadi pelopor dalam ekonomi sayariah ini,” katanya.

Selain itu, dia juga berharap agar NU ikut serta dalam menyelesaikan persoalan bangsa dengan memberikan masukan-masukan kepada pemerintah mengenai hal-hal yang diperkenankan dan yang dilarang.

“Ahli agama NU, Muhammadiyah, kristen, budha, Hindu dan agama-agama lainnya agar tidak segan-segan untuk mengingatkan pemerintah dalam hal kebaikan sehingga dalam menjalankan roda pemerintahan semuanya terkontrol dengan baik,” katanya.