Siapkan Penggunaan Dana Desa, Bupati Minta Camat Petakan Wilayahnya

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Bertempat di Ruang Bina Praja II Sekretariat Daerah Pemkab OKU Timur Bupati HM Kholid MD Ssos Msi menggelar rapat terbatas bersama seluruh Camat Senin (3/1/2017). Dalam rapat terbatas tersebut dibahas mengenai berbagai persiapan terutama program kerja kecamatan dan desa yang akan menggunakan dana desa dari pemerintah pusat.

Bupati meminta kepada seluruh camat untuk memetakan wilayah desanya masing-masing dan pembangunan apa yang dibutuhkan dari masing-masing desa tersebut sehingga dana desa yang akan dikucurkan benar-benar terserap sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Saya beri waktu dua minggu untuk camat memetakan dan mengajukan untuk pembangunan dalam penyerapan dana desa nanti. Jika tidak ada pengajuan terlebih dahulu, maka saya tidak akan menandatanganinya. Ini dilakukan agar apa yang dibangun benar-benar sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

Kholid juga mengaskan bahwa dana desa yang penggunaannya untuk pembangunan infrastruktur agar tidak diartikan secara sempit. Pembangunan infrastruktur bukan hanya pembangunan fisik saja, namun pembangunan BUMD pergudangan juga termasuk dalam infrastruktur.

“Pemetaan potensi wilayah sangat penting karena dari hasil pemetaan itulah nanti yang menjadi acuan program selanjutnya sehingga benar-benar tepat sasaran. Seperti untuk pembangunan BUMD jika desa merupakan penghasil perikanan dan maka BUMD  yang dibangun atau bantuan yang diberikan harus sesuai seperti bantuan bibit dan sebagainya,” kata Kholid.