Ramai-Ramai Berantas Wereng

loading...

KABAROKUTIMUR.COM, BUAY MADANG – Petugas Pengamat Hama Penyakit (PPHP) Kecamatan Buay Madang bekerjasama dengan sejumlah petani Desa Sukaraja melakukan penyemprotan hama wereng yang dinilai sanbat meresahkan petani.

Pemberantasan hama wereng tersebut dilaksanakan dengan cara penyemprotan obat yang diberikan secara Cuma-Cuma sebanyak 200 liter yang diperuntukkan bagi 25 bahu sawah yang terserang hama wereng. Penyemprotan sendiri dipimpin oleh Kepala PPHT Buay Madang.

Menurut Kepala PPHT Sumardi tujuan penyemprotan massal tersebut adalah untuk mengantisipasi berkembangnya populasi wereng coklat. Adanya kegiatan tersebut didukung penuh oleh Babinsa desa setempat mengingat babinsa merupakan salah satu garda terdepan dalam swasembada pangan di Indonesia.

“Penyemprotan hama wereng tersebut dilaksanakan secara serentak dengan tujuan untuk menghilangkan penyakit secara menyeluruh pada tanaman padi sehingga pertumbuhan padi petani menjadi lebih baik,” katanya.

Sementara ketua Balai BP3K Slamet mengatakan pengendalian hama penyakit yang berkembang di kecamatan Buay Madang diketahui setelah hama tersebut menyerang hampir semua tanaman di lahan sawah petani. Untuk itu dirinya meminta kepada seluruh petani untuk segera berkoordinasi ketika ada serangan hama yang mengancam tanaman padi petani.

“Ada penyuluh dan petugas lapangan yang siap untuk mendengarkan aspirasi petani. Jika ada masalah pertanian segera lakukan koordinasi sehingga bisa langsung ditindaklanjuti dan tidak berimbas pada kegagalan panen,” katanya.

Penulis: Munirul Ikhwanas