Diduga Tak Dipantau Pihak Terkait, Kondisi Lampu Jalan Banyak yang Mati

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Dalam sepekan terakhir beberapa titik Lampu Penerangan Jalan (LPJ) yang berada disepanjang ruas Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera menuju Kabupaten OKU banyak yang mati. Dengan demikian, kondisi ruas jalan tersebut terkesan menyeramkan terlebih kerusakan jalan yang cukup parah membuat para pengendara merasa khawatir dan ekstra hati-hati saat melintas.

Berdasarkan pantauan dilapangan, kemarin (4/2/2017), LPJ yang berada disejumlah titik ruas Jalinteng tidak aktif sebagaimana fungsinya. Hal itu menyebabkan sepanjang ruas Jalinteng menjadi gelap gulita dan membuat pengendara semakin cemas terlebih ruas Jalinteng sisi kanan-kirinya merupakan hutan.

“Kondisi jalan yang rusak parah ditambah lampu penerangan mati, pasti membuat siapa pun yang melintas dijalan itu khawatir akan tindak kejahatan. Bisa saja para pelaku bersembunyi dipinggir jalan dan melakukan aksinya saat pengendara melambatkan laju kendaraannya saat menghindari lubang yang tidak terlihat akibat lampu jalan yang mati,” ujar Danang (28), warga Martapura, Minggu (5/2/2017).

Lanjut Danang, matinya LPJ di beberapa titik ruas Jalinteng sudah terjadi hampir sepekan terakhir dengan jumlah kurang lebih lima titik LPJ yang berada tepat di tikungan dan di jalanan yang jauh dari pemukiman warga.

“Meskipun jalan sepi, kalau lampu hidup pengendara tidak terlalu cemas karena masih bisa melihat sisi bahu kanan-kiri jalan. Para pelaku kejahatan juga pasti akan berpikir seribu kali untuk menjalankan aksinya jika lokasinya terang benderang,” lanjutnya.

Pihaknya berharap, dengan kondisi demikian kedepannya pemerintah Kabupaten OKU Timur bisa melakukan upaya pengecekan dan perbaikan berkala terhadap beberapa LPJ yang ada diruas Jalinteng. Sehingga nantinya pengendara bisa melintas dengan nyaman dan dapat dengan mudah menghindari lubang yang dapat membahayakan pengendara, terutama pengendara sepeda motor.

Bukan hanya itu, hal yang sama juga terjadi diruas jalan lintas Martapura-Muaradua banyak kondisi LPJ yang hingga saat ini mati dan belum diperbaiki oleh pihak terkait. Tentunya hal itu juga yang menjadi kekhawatiran para pengguna jalan, terutama para pengendara yang setiap malam hari melintas untuk membawa sayur dan kebutuhan pasar lainnya.

“Seperti dititik jembatan dua, LPJ itu sudah lama mati tapu sampai sekarang belum ada perbaikan. Padahal dilokasi itu rawan terjadi aksi kriminal dan lakalantas,” terang Suryanto (46), warga lainnya.