Hen Bahru Gembong Curat dan Curas Tewas Ditembak Sat Reskrim Polres OKUT

loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA –  Jajaran anggota kepolisian Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres OKU Timur, Kamis (9/2/2017) sekitar pukul 21.00 Wib, berhasil melumpuhkan satu gembong pelaku begal sadis yang kerap meresahkan warga OKU Timur.

Tersangka Dedi Hendri Als Hen Bahru (31), warga Desa Kurungan nyawa, Kecamatan Buay Madang, Kabupaten OKU Timur yang merupakan gembong residivis Curat dan Curas itu tewas dalam perjalan ke RSUD Martapura, setelah terkena tembakan anggota Sat Reskrim saat baku tembak terjadi dalam proses peringkusan dijalan irigasi Desa Way handak, Kecamatan Buay Pemuka Peliung, Kabupaten OKU Timur.

Kapolres OKU Timur AKBP Audie S Latuheru melalui Kasubbag Humas AKP Hardan ketika dikonfirmasi Jumat (10/2/2017) menjelaskan, pelaku merupakan target operasi (TO) petugas, karena diketahui telah berulang kali menjadi pelaku yang kerap beraksi dengan melukai korbannya.

“Pelaku terpaksa dilumpuhkan petugas karena melakukan perlawanan aktif dengan menembak sebanyak satu kali ke arah petugas saat ingin diringkus di Desa Wayhandak,” jelasnya.

Lanjut Hardan, berdasarkan LP-B/11/I/2017/ SUMSEL/OKUT/Sek BMD 23 Januari 2017, pelaku juga diketahui merupakan otak pelaku pembegalan terhadap korban Nova Irawam (30), warga Desa Simpang Abung, Kecamatan Abung Besar, Kabupaten Lampung Utara yang saat itu sedang melintas di Desa Kurungan menggunakan Bus.

Selain itu, pelaku juga merupakan dalang dari beberapa kasus Curas dan Curas berdasarkan Lp-B/02/I/2017/SS/OKUT/BMD Tgl 21 Januari 2017 kasus penipuan dan penggelapan, LP-B/04/I/2017/SS/OKUT/BMD Tgl 23 Januari 2017 kasus Curas, LP-B/05/I/2017/SS/OKUT/BMD Tgl 23 Januari 2017 kasus penipuan dan penggelapan,  dan LP-B/12/I/2015/SS/OKUT/BMD Tgl 21 Februari 2015 kasus Pemerasan.

“Pada 23 Januari lalu, pelaku bersama tiga rekannya berhasil menggondol uang sebesar Rp. 400 ribu , dua unit HP , enam buah BPKB R2 serta surat2 kendaraan bis Minanga dari tangan korban yang merupakan supir Bus Minanga,” lanjutnya.

Dari tangan pelaku, anggota berhasil menyita sejumlah barang bukti (BB) berupa, satu unit R2 yamaha Vixion warna merah, satu buah senpi rakitan (Senpira) jenis Revolver, dua butir peluru, satu buah dompet warna coklat dan satu butir selongsong peluru.

“Perlu diketahui juga, pelaku ini juga merupakan residivis yang sudah lima kali menjalani hukuman di Lembaga pemasyarakatan, yakni di LP Salemba Jakarta, LP  Cipinang Jakarta, LP Nusakambangan, LP Sarang elang Baturaja dan LP Martapura,” imbuhnya.