Ketua Pepadi Minta Jangan Ada Kelangkaan Pupuk

Ketua Pepadi OKU Timur H Faisal Habibur SH

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Ketua Perhimpungan Pengusaha Penggilingan Padi (Pepadi) Kabupaten OKU Timur H Faisal Habibur berharap agar ketersediaan pupuk awal tahun 2017 mencukupi kebutuhan petani mengingat kebutuhan aka pupuk sangat menentukan peningkatan hasil pertanian. Hal itu diungkapkan Faisal Minggu (19/2/2017).

Menurut Faisal, jika terjadi kelangkaan pupuk maka akan berdampak pada penurunan hasil panen yang tentu saja akan berimbas pada wacana swasembada pangan yang telah diprogramkan Presiden RI Ir Joko Widodo.

“Petani sangat berharap ketersediaan pupuk mencukupi hinggamusim panen karena pupuk merupakan kebutuhan mutlak bagi petani. Tanpa pupuk petani akan mengalami kerugian mulai dari padi yang tidak tumbuh dengan sempurna hingga hasil pertanian yang menurun sangat drastis,” katanya.

Pemerintah kata dia, harus berani mengambil sikap mengantisipasi terjadinya kelangkaan pupuk memasuki musim tanam sehingga petani bisa dengan tenang melakukan penggarapan lahan tanpa khawatir akan ketersediaan pupuk.

“Pemkab OKU Selatan tegas menolak pupuk NPK dari PT Pusri, namun tetap disuplay pupuk urea. Pemkab OKU Timur harus bisa demikian,” katanya.