Inspektorat OKUT akan Segera Lakukan Pengecekan Reguler disetiap Desa

loading...

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA –
Guna memastikan terwujudnya realisasi infrastruktur pembangunan disetiap Desa berjalan dengan baik, memasuki bulan Maret dan April mendatang, pihak Inspektorat Kabupaten OKU Timur akan segera melakukan pengecekan reguler terhadap dana APBD dan APBN yang sebelumnya sudah dianggarkan untuk setiap Desa.

Hal demikian diungkapkan langsung Inspektur Inspektorat OKU Timur, Jumadi S.Sos, ketika dikonfirmasi Senin (20/2/2017). Pihaknya juga mengatakan, nantinya penggunaan Dana Desa haruslah sesuai dengan peruntukannya dan aturannya, karena hal tersebut tentunya diawasi oleh seluruh komponen, baik masyarakat maupun penegak hukum.

“Setiap kepala Desa, dalam mengalokasikan Dana Desa harus sesuai dengan peruntukannya dan aturannya, karena hal tersebut diawasi oleh seluruh komponen, baik masyarakat maupun penegak hukum. Hal itu bertujuan untuk terwujudnya realisasi infrastruktur pembangunan yang baik disetiap Desa, sehingga nantinya masyarakat bisa merasakan langsung adanya pembangunan diwilayahnya,” katanya.

Lanjut Jumadi, jika pada saat dilakukan pengecekan reguler tersebut masih ditemukan adanya para oknum Kepala Desa (Kades) yang melakukan penyimpangan, maka pihaknya akan segera memberikan peringatan dan juga jenjang waktu bagi para oknum kepala Desa untuk melakukan pembenahan terhadap kesalahan yang diperbuat.

“Misalnya dalam membangun infrastruktur jalan Desa, jika kepala Desa seharunya bangun jalan itu sepanjang 500 meter dan nyatanya hanya dibangun 300 meter, maka kami akan segera berikan peringatan dan jenjang waktu selama 10 hari untuk lakukan perbaikan,” lanjutnya.

Pihaknya berharap, nantinya setiap kepala Desa harus bisa melaksanakan kegiatan pengelolaan anggaran tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta pembangunan fisik infrastruktur harus utamakan kualitas sebagaimana telah di intruksikan Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur sebelumnya.

“Sehingga kita berharap nantinya hasil pembangunan infratruktur tersebut bisa rasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya.